Kabupaten Lumajang mengharapkan Adipura diraih kembali

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian tahap kedua program Adipura periode 2017-2018, Plt. Bupati Lumajang, Dr. Buntaran Supriyanto menekankan, agar tim Adipura memantau pemukiman, pasar, sekolah, Rumah Sakit,/ Puskesmas, Terminal dan Taman Kota.

Hal itu, disampaikan Plt. Bupati, ketika memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi di Panti PKK kabupaten Lumajang, Kamis 01/03/2018. Kabupaten Lumajang sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan Adipura, terakhir pada tahun 2017. Tentunya di tahun 2018 menjadi harapan seluruh masyarakat Lumajang untuk kembali mendapatkan penghargaan Adipura tersebut.

Menurut Buntaran, di beberapa titik dan lokasi harus disediakan tempat sampah pilah 5 macam yaitu Organik, Plastik, Kertas, B3 dan Residu. Selain itu juga harus ada tempat pembuangan sampah pilah kering dan basah.
Buntaran juga meminta kepada seluruh Kepala Bagian/Kepala Dinas yang terkait melalui Puskesmas/Rumah Sakit, Sekolah, Terminal, Taman Kota agar segera memantau dan mengevaluasi akan kebersihan lingkungan yang ada di Kabupaten Lumajang, agar terbebas dari sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Drs. Yosi Sudarso, MM mengatakan, bahwa tujuan adanya Adipura yaitu mendorong kepemimpinan Pemkab kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha melalui pengharagaan adipura untuk mewujudkan wilayah yang berkelanjutan secara ekologis, sosial, dan ekonomi.

Yosi menyampaikan, Adipura memiliki 4 kategori, Adipura Buana yang menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan, Adipura Paripurna penghargaan tertinggi dibidang kebersihan lingkungan, Adupura Kirana penghargaan yang penilaiannya menggabungkan unsur lingkungan dengan ekonomi, serta Bhakti Adipura yang merupakan anugerah perorangan yang memiliki jasa dibidang lingkungan.

Diungkapkannya, Adipura memliki kategori penilaian dengan indikator Bersih, Teduh, Inovatif, Nyaman, Berkelanjutan.
Ia berharap dengan persiapan yang matang akan kembali membawa penghargaan Adipura untuk Kabupaten Lumajang, “Semoga dengan persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang, Adipura akan tetap berada di Kabupaten Lumajang”, harapan Yosi. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *