Kabupaten Madiun Raih Penghargaan Top Inovasi Kovablik

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Tidak saja menjadi tuan rumah Festival Inovasi Desa dan Penyerahan Penghargaan Top Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur 2022, Kabupaten Madiun juga mendapatkan penghargaan dari festival ini.

Yakni penghargaan berupa Inovator “Merubah Sampah Menjadi Emas (Merambah Emas) hasil inovasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menpan RB, Azwar Anas, didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, kepada Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami sekaligus membuka festival inovasi desa di Alun-Laun Reksogati, Caruban, Rabu 7 Desember 2022.

Menariknya, Desa Kare masuk ke LPEI (Lembaga Pengembangan Ekspor Indonesia) dan sekarang sudah di-SK-an menjadi desa devisa karena memiliki komoditas kopi kelas internasional, dan terbukti kopi Kare menembus ekspor ke Mesir.

Bupati mengatakan, seluruh kepala desa berikut perangkat dan camat untuk melihat festival ini sebagai inspirasi berinovasi.

Dalam kesempatan ini, Menpan RB mengapresiasi bupati Madiun, karena mempunyai perhatian ke desa yang luar biasa.

“Bapak Presiden memberikan perhatian serius karena kalau desanya tertangani dengan baik, Insyaallah daerah pasti akan segera maju,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim akan memaksimalkan desa-desa di Jawa Timur untuk bisa masuk ke LPEI.

“Selain Desa Kare, Wonosalam Jombang dan Bondowoso juga memiliki brand sama, dan 26 Oktober lalu sudah ekspor 200 ton kopi ke Mesir. Kemarin saya kunker ke Mesir bertemu pengusaha atau importir kopi di sana (Mesir), maka dalam waktu cepat ada transaksi 11 juta dolar AS, dan mereka juga mengimpor rempah-rempah dari Jatim,” terangnya. (Dibyo).

H. Ahmad Dawami (kanan) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait