Kadis Pertanian Halbar Klaim Hasil Garapan Tanam Jangung Sudah Capai 1000 Ha

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Kepala Dinas Pertanian Halmahera Barat (Halbar) Totari Balatjai mengklaim hasil garapan lahan untuk tanaman jagung sudah mencapai 1000 hektare lebih yang siap ditanam. 

Dengan begitu, dari pagu 20 Ribu Ha maka representasinya baru mencapai 0,05 Persen.

“Skarang yang sudah digarap lahan jagung siap ditanam sekitar 1000 Ha lebih di 9 kecamatan, dari 176 desa,”ungkap Totari kepada beritalima.com, Jumat (21/4/2017).

Lanjut Totari, dari target yang telah peroleh 1 bulan (April) maka dalam tahun ini (2017, red) 20 Ribu Ha bisa diselesaikan. Apalagi dengan penataan serta gerakannya seribu orang maka bisa diselesaikan.

“Targetnya dalam satu tahun ini penanaman jagung sudah diselesaikan,”tandasnya.

Menurutnya, program penanaman jagung kering pipil dengan swadaya masyarakat dan pemerintah siap menyediakan bibit dan pupuk.

“Jadi untuk penanamannya melalui swadaya masyarakat dan pemerintah siap menyediakan bibit dan pupuknya saja,”cetusnya.

Mekanisme penanaman jagung, lanjut dia, minimal yang disiapkan dalam 1 Ha untuk bibitnya 15 kg, pupuk disiapkan 50 kg, dengan kadar air 15 persen. Selain itu, hasil yang diperoleh akan mencapai 4 ton, dan jika dikalihkan dengan Rp 3.150.00 per kilogram maka hasilnya mencapai Rp 12.600.000 dan itu hitungannya paling minim maka dikalkulasi maka keuntunggannya cukup besar.

“Bayangkan saja, kalau semua sukses maka keuntungannya cukup besar, dan lagian budidaya tanaman jagung muda dirawat tetapi memperoleh hasil yang besar,”pungkasnya. (ssd) ‎

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *