KAI Hadirkan Pelayanan Kereta Di Sulawesi Selatan

  • Whatsapp
Kereta Ai Perintis dihadirkan KAI di Sulawesi Selatan

Makassar, beritalima.com| – KAI hadirkan pelayaan lebih efektif, aman nyaman di Sulawesi Selatan (Sulsel). Operasi Kereta Api (KA) Perintis di Sulsel ini melayani dua rute perjalanan, yaitu Stasiun Mandai hingga Stasiun Garongkong /pp dengan jarak tempuh 82 km dan Stasiun Mangilu hingga Stasiun Garongkong /PP dengan jarak tempuh 58 km.

“Saat ini terdapat 53 orang personil yang mendukung operasional KA Perintis Sulawesi Selatan, dengan rincian 23 orang dari KAI dan 30 orang dari PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda). KAI dan PT SCI bersama-sama membentuk konsorsium untuk memastikan kelancaran operasional kereta api pertama di Pulau Sulawesi ini,” ucap Anne Purba, VP Public Relations KAI.

Anne menjelaskan, saat ini tersedia dua sarana kereta jenis Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE), dengan enam perjalanan KA per hari. Kereta ini melayani 11 stasiun, yaitu Mandai, Maros, Ramang-ramang, Pangkajene, Mangilu, Labakkang, Ma’rang, Mandalle, Tanete Rilau, Barru, dan Garongkong.

“Dari Januari hingga September 2024, telah tercatat 1.830 perjalanan kereta api dengan tingkat ketepatan waktu berangkat mencapai 93% dan kedatangan 94%. Ini tentunya menjadi awal yang baik untuk pengoperasian kereta api pertama yang hadir di Pulau Sulawesi,” tutur Anne.

Rencananya, rute KA yang mulai dioperasikan secara terbatas sejak 2022, akan diperpanjang hingga Pare-Pare dengan jarak sekitar 142 km. “KAI akan terus menjalin kolaborasi dengan pemerintah, pemerintah daerah, perusahaan daerah, serta stakeholder terkait untuk menjamin kelancaran pengoperasian proyek strategis nasional ini,” tambah Anne.

Kehadiran KA di Sulsel memiliki dampak positif sangat luas, seperti memudahkan aksesibilitas antar daerah, membuka peluang ekonomi lebih luas di daerah, promosi sektor pariwisata, serta dapat dengan mudah mengakses layanan pendidikan, kesehatan, dan peluang kerja.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait