Kampung Unggulan TPS Raih Juara I Lomba Penataan Lingkungan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Semarak peringatan HUT RI ke-79 selama bulan Agustus 2024 meninggalkan banyak cerita. Salah satu acara di lingkup Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) adalah Lomba Penataan Lingkungan dengan tema Kemerdekaan dan Pelabuhan.

Lomba tersebut diikuti sejumlah anak usahanya, salah satunya PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Masing-masing anak usaha mengusulkan kampung unggulan di sekitarnya untuk diikutsertakan dalam lomba ini.

Erika Palupi selaku Sekretaris Perusahaan TPS mengatakan, selama ini engagement antara TPS dengan kampung-kampung di sekitar lokasi perusahaan telah terjalin dengan baik, hingga mapping potensi kampung-kampung yang dapat diusulkan ikut serta dalam lomba dapat tergambar.

“Setiap kampung memiliki keunikan dan program unggulan masing-masing, yang kesemuanya berpotensi untuk mendapatkan penilaian yang baik dalam lomba ini,” jelas Erika.

Dalam lomba ini, TPS mengikutsertakan RT 03 dan RT 06 dari RW 03 Kelurahan Perak Barat sebagai kampung unggulan. Pertimbangan TPS mengusulkan 2 kampung ini adalah kebersamaan dan kegotongroyongan warganya yang sangat baik.

Selain itu, kedua kampung tersebut memiliki beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang nyaman dan peningkatan kesejahteraan warga seperti Instalasi Pemurnian Air Limbah (IPAL) yang berfungsi untuk mengolah air limbah dengan cara yang ramah lingkungan, lalu usaha ternak, sayur hidroponik, dan pembentukan bank sampah RT.

Dari hasil penjurian yang terdiri dari perwakilan anak usaha SPTP, salah satu kampung unggulan TPS, yaitu RT 03 RW 03 Perak Berat, berhasil meraih juara pertama dan berhak mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan kampung senilai Rp25 juta.

Hadiah tersebut secara simbolis telah diserahkan Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono saat upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 di halaman Kantor Pelindo Sub Regional Jawa.

Ketua RT 03 RW 03 Kelurahan Perak Barat, Setya, mengungkapkan rasa bahagia dan bangga bahwa RT-nya berhasil meraih juara dalam lomba ini. “Senang dan bangga tentunya. Upaya yang kami lakukan selama ini mendapatkan apresiasi,” ucapnya.

“Terima kasih kepada TPS yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk dapat menunjukkan program-program kami melalui lomba penataan kampung ini,” lanjut Setya.

“TPS ikut senang atas capaian yang diraih RT 03 ini,” ucap Erika menambahkan. “Semoga semua hal baik yang sudah berjalan di RT 03 dapat terus dikembangkan. Apalagi ada dana pembinaan yang telah diterima,” lanjut Erika.

Upaya mendukung penataan lingkungan di kampung sekitar TPS akan terus dilakukan dan dilanjutkan, antara lain dalam waktu dekat akan dibentuk Bank Sampah terpadu di RW 03 Perak Barat sebagai salah satu program strategis TJSL SPTP yang diturunkan ke TPS.

“Diharapkan pembentukan bank sampah di tingkat RW ini, yang nanti akan menjadi hub dari bank sampah yang ada di sepuluh RT pada lingkup RW 03 Perak Barat ini, tidak hanya akan meningkatkan kesadaran lingkungan, tetapi juga memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi warga setempat,” tutup Erika. (Gan)

Teks Foto: Warga RT 03 RW 03 kampung unggulan TPS, Juara I Lomba Penataan Lingkungan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait