Kanwil DJP Jatim I Gebyar Drama di Sekolah

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DJP Jawa Timur I (Kanwil DJP Jatim I) menggelar Pajak Bertutur 2024 dalam bentuk pertunjukan seni drama bertemakan pentingnya membayar pajak dan manfaatnya bagi pembangunan yang diikuti 50 Siswa SMP Negeri 22 Surabaya, Rabu (7/8/2024).

Pajak Bertutur merupakan program tahunan DJP dalam bentuk edukasi perpajakan dan pembentukan karakter dalam rangka mengampanyekan program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan sebagai upaya mewujudkan generasi emas Indonesia yang cerdas dan sadar pajak.

Tema Pajak Bertutur 2024 dengan tema “Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas”, dan Tagline Pajak Bertutur 2024 “Sehari Mengenal Selamanya Bangga”.

Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jatim I Sugeng Pamilu Karyawan dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi kepada SMP Negeri 22 Surabaya atas partisipasi aktif yang diberikan pada kegiatan Pajak Bertutur 2024 ini.

“Kegiatan Pajak Bertutur 2024 dilaksanakan dalam rangka perluasan inklusi kesadaran pajak pada sekolah piloting SMP atau sederajat yaitu SMP Negeri 22 Surabaya,” tutur Sugeng.

Turut memberikan sambutan, Kepala SMP Negeri 22 Surabaya Ismi Latifaty mengatakan, SMP Negeri 22 Surabaya berterima kasih atas inisiatif edukasi pajak ini dan menghargai upaya DJP dalam mengedukasi generasi muda tentang pentingnya pajak. “Ini langkah penting untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini,” ujar Ismi.

Drama yang dipentaskan Para Pegawai Kanwil DJP Jatim I menceritakan kehidupan sehari-hari seorang pengusaha kecil yang merasakan langsung manfaat dari berbagai fasilitas umum yang dibiayai dari pajak, seperti jalan raya, sekolah, dan rumah sakit.

Melalui alur cerita yang menghibur dan menyentuh, penonton diajak untuk melihat betapa pentingnya peran pajak dalam mendukung kesejahteraan dan pembangunan.

Selain pertunjukan drama, acara ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab interaktif antara siswa dan pegawai pajak. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pajak Bertutur 2024 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan mengenalkan manfaat pajak kepada Siswa SD, SMP, dan SMA atau Sederajat.

Kanwil DJP Jatim I dan 13 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Surabaya secara serentak menyelenggarakan Pajak Bertutur 2024 di sejumlah sekolah, yakni di SMP Gloria 2 Surabaya dan SMA Xin Zhong oleh KPP Pratama Surabaya Mulyorejo, di SMA Trimurti oleh KPP Madya Dua Surabaya, dan di SMKN 4 Surabaya oleh KPP Pratama Surabaya Sawahan.

Juga, di SMA Hang Tuah 4 (KPP Pratama Surabaya Tegalsari), SMK Unitomo (KPP Pratama Surabaya Gubeng), SMPN 3 Surabaya (KPP Pratama Surabaya Genteng), SMPN 1 Surabaya (KPP Pratama RSurabaya Krembangan), SMAN 5 Surabaya (KPP Madya Surabaya), dan SMPN 59 Surabaya (KPP Pratama Surabaya Karangpilang).

Terus, di SMPN 30 Surabaya (KPP Pratama Surabaya Rungkut), SMPN 61 Surabaya (KPP Pratama Surabaya Sukomanunggal), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (KPP Pratama Surabaya Wonocolo), SMP PGRI 7 Surabaya dan SD Dapuan Swasta Surabaya (KPP Pratama Surabaya Pabean Cantikan).

Kegiatan Pajak Bertutur diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para mahasiswa dan siswa sebagai calon wajib pajak di masa depan tentang pajak dan manfaat pajak bagi pembangunan serta mendorong generasi muda siap memasuki Indonesia Emas 2045. (Gan)

Teks Foto: Pegawai pajak ketika bermain drama di salah satu sekolah di Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait