Kapolres Serdang Bedagai Menjadi Narasumber Sosialisasi Penguatan Ideologi Kebangsaan

  • Whatsapp
Serdang Bedagai
Beritalima-Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mengerti tentang sejarahnya,” kata Kapolres Serdang Bedagai AKBP Eko Suprihanto mengawali paparannya dalam penguatan Ideologi Kebangsaan di aula Sultan Serdang, Rabu (7/9).
 Sosialisasi tersebut diprakarsai oleh Kakankesbangpol dan linmas Kabupaten Serdang Bedagai dengan mengundang sejumlah narasumber termasuk Kapolres Serdang Bedagai. Adapun para peserta sosialisasi adalah para Kepala Desa dan Camat se-Kab Serdang Bedagai.
Kegiatan sosialisasi ini menurut Kapolres adalah sebagai perwujudan tugas instansi vertikal dalam membantu tugas-tugas pemerintahan umum sebagai unsur Forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah) sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 26 UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Adapun tugas pembinaan wawasan kebangsaan, yang didalamnya termasuk pemantapan pengamalan Pancasila adalah merupakan salah satu tugas pemerintahan yang bersifat umum, sesuai pasal 25 ayat 1 huruf a UU No. 23/2014, yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh unsur Forkopimda, ” ujar Kapolres menjelaskan dalam pemaparannya.
Salah satu peserta pada kesempatan sosialisasi tersebut bertanya tentang bagaimana sikap yang harus dilaksanakan oleh aparat pemerintahan desa bila masyarakatnya banyak yang sudah mulai luntur jiwa kegotongroyongan dan nilai-nilai luhur lain sehingga tidak sesuai lagi dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kapolres menjelaskan bahwa sebagai aparat desa harus menampilkan keteladanan, yang diimplementasikan bukan saja dalam bentuk perkataan namun juga perbuatan. “Bapak-bapak dan ibu-ibu sebagai aparat desa harus memberikan contoh dan teladan sehingga akan diikuti oleh masyarakatnya, ” kata Kapolres menjelaskan.

Usai Kegiatan sosialisasi penguatan ideologi kebangsaan selesai dilaksanakan pada pukul 12.30 Wib dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan makan siang.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *