Kapolres Tulungagung Pimpin Rakor Persiapan Nataru

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Kapolres Tulungagung, Jawa Timur, AKBP Handono Subiakto, S.H., S.I.K, MH, memimpin rakor pengamanam perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), di Opsroom, Kamis 10 Desember 2020.

Dalam rakor ini Kapolres selaku pejabat baru di Tulungagung, sekaligus mohon dukungan kerjasama antar umat beragama dalam membantu pengamanan dan bantuan dari pihak gereja agar koordinasi dengan kepolisian di setiap kegiatan perayaan Mdatal untuk mewujudkan wilayah Tulungagung aman dan kondusif.

“Saya mohon kepada pihak gereja, di setiap kegiatan perayaan Natal untuk koordinasi dengan kepolisian. Sehingga kepolisian dapat melaksanakan pengamanan dengan tujuan kegiatan perayaan Natal dapat berjalan dengan optimal, aman dan lancar,” ucapnya.

Karena masih masa pandemi covid-19, Kapolres juga menghimbau agar perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini sedikit berbeda. Sehingga dalam pelaksanaanya harus mematuhi protokol kesehatan.

“Saat ini masih masa pandemi. Sehingga prokes benar benar harus diperhatikan dan juga dari pihak Dinkes untuk melakukan penilaian penerapan prokes,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag OPS Polres Tulungagung, memaparkan tentang kemungkinan terjadinya kerawanan adanya ancaman terorisme, penyalahgunaan sanpi, handak, sweeping ormas tertentu, penyebaran berita hoax, lakalantas garlantas, kemacetan dan konvoi serta kebut kebutan.

Selain itu, kemungkinan terjadinya bencana alam, penggunaan mercon petasan, perkelahian dan tawuran antar kelompok, narkoba, miras dan kriminal serta kerumunan massa.

“Kami akan melakukan antisipasi deteksi dini dan pemetaan kerawanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru dengan gelar Operasi Lilin 2020 gabungan TNI/Polri dan satpol PP serta mendirikan pospam, posyan, serta melaksanakan tindakan hukum terhadap setiap pelaku tindak pidana yang mengganggu perayaan natal dan tahun baru,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kakan Kemenag Tulungagung, H. Mas’ud, juga menghimbau agar perayaan Natal tahun ini dilaksanakan secara sederhana.

“Memperhatikan prokes dan bila dimungkinkan dilaksanakan secara daring,” saranya.

Untuk diketahui, pada pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Tulungagung telah menyiapkan sebanyak 618 personil yang akan disebar ke 87 gereja dan tiga tempat ibadah.

Hadir dalam rakor ini diantaranya Wakapolres Tulungagung Kompol Yhogi Hadi Setiawan, S. I. K, M. I, Kadinkes Dr.Kasil Rohmad M.MRS, Ketua FKUB H.Efendi, Ketua Bamag Elis Purwaningsih, Ketua BKSBT Pendeta Toton, PJU Polres Tulungagung, Kapolsek jajaran. (Desti/editor: Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait