Kenapa Bisa Kencing Nanah?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Ketika saat bertamu dengan kolega Dokter penyakit kelamin saya melihat beberapa pemuda lagi berbincang bincang soal penyakit kencing nanah atau Gonorhoe.si Andi berkata bahwa kencing bernanah baru pertama kali dimana dari penisnya keluar nanah warna putih dan sakit setelah dia main seks dengan pelacur di lokasi saat pulang berlayar dengan kapal pesiar, lain kata si Richard yang hobhy main perempuan,ini kedua kali , yang pertama pada bulan febuari 2024 dan sekarang terinfeksi ulang setelah main call girl melalui applikasi on line
Si Erik bercerita bahwa dia sering kambuh timbul suka main dengan pasangan bertukar.Dari hasil pembicara an mereka bahwa penyakit kenf8ng nanah suka kambuh timbul kalau suka main perempuan liar.Gonore disebabkan oleh infeksi bakteri yang menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral (lewat mulut) dan seks anal (lewat anus). Seseorang lebih berisiko terkena gonore jika melakukan hubungan seksual yang tidak aman, misalnya sering berganti pasangan seks dan tidak menggunakan kondom.

DEFINISI GONORHOE
Penyakit kencing nanah atau dalam bahasa medis dikenal dengan gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau Gonococcus.Pengobatan Gonore (Gonorrhea) atau kencing nanah hanya dapat dilakukan oleh dokter. Sebab, sebelum melakukan pengobatan, dokter akan melihat kondisi Anda dan menentukan pengobatan yang sesuai. Penyakit Gonorrhea dapat berbahaya jika tidak segera ditangani. Untuk mewaspadai penyakit Gonorrhea, simak ulasan lengkap mengenai gejala dan pengobatannya di bawah ini!

Penyakit kencing nanah sering juga disebut dengan istilah Gonorrhea. Kencing nanah termasuk dalam salah satu penyakit seksual yang menular. Penyakit kencing nanah terjadi akibat adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri yang masuk ke tubuh akan menyebabkan infeksi pada alat kelamin pria maupun wanita, mata, tenggorokan, dubur hingga saluran reproduksi wanita. Penyakit kencing nanah dapat menyerang semua orang, termasuk pria maupun wanita. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Centers for Disease Control (CDC), umumnya orang yang menderita penyakit ini adalah kalangan anak muda dan dewasa yang aktif secara seksual dengan rentang usia 15-24 tahun.

GEJALA KENCING NANAH
1. Sering buang air kecil
2. Sakit saat berhubungan seks
3. Keputihan secara terus-menerus
4. Rasa sakit saat buang air kecil
5. Keluar nanah atau cairan putih dari penis
6. Nyeri atau bengkak pada salah satu testis
7. Mengalami sakit saat buang air kecil
8. Mengalami pendarahan pada vagina
9. Mengalami nyeri perut atau panggul
10. Keluarnya cairan putih dari vagina
11. Mengalami pembengkakan pada vulva
12. Rasa gatal dan panas di sekitar ujung penis
13. Pembengkakan dan nyeri di salah satu testis
14. Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil
15. Menstruasi lebih panjang atau lebih banyak dibandingkan biasanya
16. Perdarahan dari vagina yang tidak wajar( setelah berhubungan a di saat tidak menstruasi)

Selain itu, gejala kencing nanah atau Gonorrhea juga dapat muncul pada anggota tubuh yang lain, antara lain:
1. Dubur
2. Mata:
3. Tenggorokan
4. Sendi

PENYEBAB KENCING NANAH
Penyebab kencing nanah utamanya adalah karena infeksi bakteri neisseria Gonorrhea.

PENYEBARAN
Penyebaran bakteri ini paling sering terjadi melalui hubungan seksual baik secara oral, anal, atau vaginal dengan pasangan yang berbeda-beda tanpa menggunakan pengaman seperti kondom. Selain itu, kontak langsung dengan luka orang yang mengalami penyakit kencing nanah juga merupakan salah satu cara penularan penyakit ini.

PENGOBATAN
ANTIBIOTI BERUPA:
1. Ceftriaxone
2. Amoxicillin
3. Azithromycin
4. Doxycycline
5. Erythromycin
6. Cefixime

Dengan pengobatan gonore yang tepat, sebagian besar gejala yang timbul akan mulai mereda dalam beberapa hari. Meski demikian, biasanya dokter tetap menyuruh pasien datang kembali setelah seminggu atau dua minggu perawatan. Hal tersebut dilakukan untuk meninjau apakah bakteri dalam tubuh masih ada atau telah hilang.

Cara mengobati Gonore (Gonorrhea) pada ibu hamil tidak sama dengan orang pada umumnya, karena terdapat pertimbangan tambahan terhadap bayi yang dikandung. Oleh karena itu, jika Anda sedang hamil dan menderita Gonorrhea, segera konsultasikan dengan dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda dan bayi yang dikandung. Sebab, penyakit Gonorrhea yang diabaikan merupakan penyebab tersering dari kebutaan pada bayi. Jadi, penting untuk segera menangani penyakit ini agar menurunkan risiko kebutaan pada bayi.

PENUNJANG DIAGNOSA
1. Pemeriksaan darah lengkap
2. Pemeriksaan urine lengkap

PENCEGAHAN
1. Gunakan kondom saat berhubungan seksual
2. Tidak bergonta-ganti pasangan seksual

KESIMPULAN :
nanah atau gonore adalah salah satu penyakit menular seksual. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, meski umumnya dialami oleh pria. Gonore biasanya terjadi di bagian tubuh yang hangat dan lembab seperti kelamin, anus, atau tenggorokan.Gonore umumnya tidak menimbulkan gejala, terutama pada wanita. Namun, jika tidak ditangani dengan tepat, gonore dapat menimbulkan komplikasi yang serius, seperti radang panggul pada wanita, serta epididimitis pada pria. Oleh karena itu, pengobatan gonore harus dilakukan secara tepat dan segera
RobertoNews 1781《24.6.24(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait