Kenapa Jantungku Bisa Bocor ?

  • Whatsapp

oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Suatu hari saya sedang membesuk pasien ketemu family kami juga di ruang ICU dimana cucu mereka Si Andy masuk kembali ke ICU karena jantung bocor dan badan diikat dan banyak kabel mengeliling serta hidung dipasang ventilator karena jantung bocor asal menangis berwarna biru di kukunya atau bibirnya dan disarankan operasi karena katup jantung tak tertutup sempurna.lain hal dengan Pak Syamsuddin 51 th juga sedang dirawat di ICU karena jantu g hocor karena tenggorokan sakit dibiarkan ,Dokter menyebutnya itu Rheumatik jantung.

Kasus jantung sebenarnya acap kali kedengaran kita sehari hari tapi sering diabaikan kita,
Jantung bocor adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kelainan jantung akibat adanya lubang pada sekat jantung. Kondisi ini sering kali tidak disadari oleh penderitanya karena jarang menimbulkan gejala khusus.Jantung bocor tidak hanya berpotensi dialami orang dewasa tetapi juga anak-anak akibat kondisi bawaan.

Jantung bocor adalah kelainan jantung bawaan yang paling sering terjadi. Kelainan ini terjadi 1/100 kasus kelahiran Kebocoran yang terjadi bisa di sekat jantung yang memisahkan bilik jantung kanan dan kiri atau sekat yang memisahkan serambi kanan dan kiri.

DEFINISI JANTUNG BOCOR
Jantung bocor adalah kelainan pada katup jantung atau adanya lubang pada sekat jantung. Jantung bocor dapat terjadi pada semua kalangan usia. Jantung bocor pada orang dewasa sering kali disebabkan oleh salah satu atau katup yang tidak dapat berfungsi dengan baik jantung bocor pada anak-anak atau bayi dapat disebabkan oleh gangguan pada katup jantung atau lubang antara dinding di ruang kanan dan kiri jantung yang tidak tertutup secara sempurna sebagaimana mestinya.Penyakit ini mengakibatkan bercampurnya darah kotor dengan darah bersih. Lama-kelamaan beban jantung akan meningkat sehingga mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kebocoran pada jantung mengakibatkan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan anak terganggu.

katup jantung manusia terdiri dari empat bagian, yaitu
1. Katup pulmonal,
2. Katup trikuspid,
3. Katup aorta
4. Katup mitral.

Katup jantung berperan dalam mengendalikan aliran darah dari ruang jantung satu ke ruang jantung lainnya. Katup jantung juga memiliki dua atau tiga kelopak yang dapat menutup dan membuka.

Fungsi Katup jantung adalah
1. Mepompa darah menuju ruang jantung berikutnya
2. keluar dari jantung untuk mencapai organ lain melalui aorta, dan akan menutup dengan sendirinya untuk mencegah darah kembali ke jantung.

Bila katup jantung tersebut tidak dapat menutup dengan sempurna.aliran darah yang seharusnya dipompa ke organ lain justru kembali ke jantung dan menyebabkan kondisi yang disebut jantung bocor.

PATOFISIOLOGI JANTUNG
Jantung adalah sebuah pompa dua arah yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Organ ini terutama terbentuk dari kumpulan otot yang disebut dengan myocardium. Darah mengalir di setiap otot melalui vena (pembuluh darah balik ke jantung) ke dalam serambi (bagian atas jantung), yang disebut atrium. Lalu, masuk ke bilik (bagian bawah), yang disebut ventrikel, yang memompa darah ke arteri (pembuluh darah dari jantung ke seluruh tubuh). Aliran darah di dalam bilik-bilik jantung itu dikontrol dengan katub-katub searah. Sisi kanan jantung memompa darah ke arteri pulmonori dan lalu ke paru-paru (mengambil oksigen). Sedangkan bagian kiri jantung memompa darah dari paru-paru tersebut ke dalam aorta, dan mengalir mengelilingi tubuh.

Ada banyak jenis penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun, ada dua penyakit jantung bocor sebagai penyakit bawaan lahir yang dialami anak sejak lahir sebagai kelainan jantung berupa struktur atau fungsi jantung sejak bayi dalam kandungan. Yang umum terjadi adalah: ASD (atrial septal defect) atau sekat serambi jantung berlubang, karena kelainan katub jantung dan VSD (ventrikel septal defect) atau bilik jantung berlubang, adanya lubang antara dinding pada ruang kiri dan kanan jantung karena tidak menutup dengan sempurna. Oleh karena itu, para orangtua perlu mengetahui beberapa hal yang mengarah pada gejala dan kondisi tersebut, agar kemunculannya dapat segera mendapatkan penanganan, sehingga tingkat kesembuhan jadi lebih tinggi.

PENYEBAB JANTUNG BOCOR:
1. Kardiomiopati
Kardiomiopati adalah kondisi di mana jantung mengalami pembesaran otot atau pelebaran ruang sehingga meregangkan jaringan di sekitar katup jantung dan menyebabkan kebocoran. Kardiomiopati dapat dipicu oleh hipertensi yang berlangsung dalam waktu yang lama, kondisi bawaan, atau kehamilan.

2. Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah utama yang berfungsi membawa pasokan darah untuk otot jantung. Kondisi ini sering kali dipicu oleh plak kolesterol atau peradangan.

3. Kelainan Genetik
Seseorang yang memiliki keluarga dekat (saudara kandung atau orang tua) dengan riwayat jantung bocor berisiko lebih tinggi mengalami jantung bocor.

4. Riwayat Operasi Jantung
Penyebab selanjutnya dari jantung bocor adalah riwayat operasi jantung sebelumnya, terutama jika operasi tersebut bertujuan memperbaiki kelainan jantung.

5. Penyakit Jantung Rematik
Infeksi saluran nafas yang disebabkan oleh bakteri S. aureus yang tidak ditangani secara tepat dapat menyebabkan demam rematik. Demam rematik yang tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi penyakit jantung rematik. Penyakit ini menyerang katup jantung dan menyebabkan adanya sumbatan atau kebocoran pada salah satu katup jantung, umumnya adalah katup mitral.

TANDA JANTUNG BOCOR :
1. Anak sulit bernapas
2. Anak sering batuk
3. Bibir, lidah, dan kuku berwarna kebiruan
4. Cepat lelah saat sedang menyusu
5. Susah makan atau nafsu makan berkurang
6. Berat badan sulit bertambah

FAKTOR RESIKO JANTUNG BOCO
1. Memiliki keluarga dengan riwayat jantung bocor (genetik).
2. Memiliki penyakit katup jantung bawaan.
3. Pernah mengalami serangan jantung.
4. Tekanan darah tinggi (hipertensi).
4. Mengalami demam remati

Penyakit jantung bocor merupakan istilah yang dipakai ketika seseorang mengalami kebocoran di dinding jantung akibat kelainan katup atau sekat jantungnya. Bila kebocoran tersebut terjadi di
1. Bilik atas disebut dengan ASD( ATRIUM SEPTAL DEFFECT)
2. Bilik bawah VSD. (VENTRICLE SEPTAL DEFFECT)
Umumnya penyakit jantung bocor diderita orang berusia lanjut dengan kelainan katup jantung yang terjadi karena salah satu katupnya tidak bisa lagi menutup dengan baik. Sedangkan pada bayi dan anak-anak, kondisi ini disebabkan oleh adanya lubang antara dinding pada ruang kiri dan kanan jantung yang tidak menutup dengan sempurna sebagai kelainan bawaan lahir atau akibat komplikasi dari infeksi penyakit.

LABORATORIUM PENUNJANG:
1. Ekokardiogram (gema)/ ECCHO JANTUNG yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar jantung dan aliran darahnya. Jika seorang anak mengalami MVP, flap katup yang menonjol biasanya terlihat saat jantung berdetak.

2. Elektrokardiogram (EKG), yang merekam aktivitas listrik jantung

PENANGAN dan PENGOBATAN
Operasi jantung bocor adalah operasi jantung terbuka untuk menutup kebocoran pada sekat jantung. Bagian jantung yang bocor akan ditutup dengan menggunakan selaput jantung sendiri atau dengan menggunakan suatu patch. Operasi ini sudah banyak dilakukan di Indonesia dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis Bedah Toraks, Kardiak & Vaskular (BTKV). Apabila anak anda atau kerabat anda ada yang mengalami jantung bocor, tidak perlu panik dan silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis BTKV terdekat.
Demikian ulasan singkat ini, semoga bisa membantu, terimakasih
RobertoNews 1676 《25.5.23(08.35》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait