Kepala SD Ikuti Bimtek Susun RKAS Tahun 2019

  • Whatsapp

Foto : Prosesi pelaksanaan Bimtek Penyusunan RKAS

BIREUEN,ACEH-BERITALIMA.COM – Sebanyak 44 Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam wilayah Kecamatan Peusangan Siblah Krueng dan Kecamatan Jangka mengikuti Bimbingan Tehnis ( Bimtek) penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah ( RKAS)/Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang dipusatkan di SDN 13 Jangka,Rabu (24/10).

Kepala SDN 13 Jangka Zulkarnaini,S.Pd kepada BERITALIMA.COM menyebutkan, pelaksanaan kegiatan penyusunan RKAS/RKS bekerjasama antara 18 SD di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng dan 26 SD di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.

Menurut Zulkarkaini,S.Pd,M.Pd yang akrab dipanggil Pak Zul Jangka pembuatan dan penyusunan RKS/RKAS 2019 dipandu oleh Pak Arie Juanda.

Pak Zul Jangka menyebutkan, tujuan dan manfaat RKAS adalah untuk menentukan ruang lingkup dan arah program kerja sekolah yang dibiayai dari dana masyarakat maupun pemerintah

Selain itu tambah Pak Zul Jangka mempunyai acuan dan tuntunan dari semua kegiatan pendidikan di semua sekolah, dewan komite serta semua pelaku pendidikan dalam mengelola keuangan yang bersumber dari dana masyarakat atau sumber lainnya

Pemandu diskusi para kepala sekolah, Arie Juanda mengharapkan dalam penyusunan RKAS Kepala Sekolah harus membedakan antara tahun anggaran dan tahun pelajaran.

Dijelaskan, tahun anggaran di mulai dari awal tahun yaitu pada bulan Januari sementara tahun pelajaran di mulai dari prosesi masuk sekolah pada semester 1 yaitu bulan Juli.

Untuk itu penyusunan selama 1 tahun anggaran, dalam penyusunan RKAS tersebut harus mempersiapkan antara lain, Program Sekolah, Program Tahunan Kepala Sekolah, Program Keuangan dalam hal ini BOS – K1 dan K-2 dan data sekolah.

Arie Juanda menyebutkan Rincian program yang dituangkan dalam RKAS merupakan langkah penuntun bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya serta menjadi acuan bagi penyelenggaraan proses pendidikan sekaligus menjadi tolok ukur bagi ketercapaian Visi dan Misi sekolah.

Dengan adanya RKAS sekolah bisa merancang strategi yang dituangkan ke dalam program rutin maupun berjangka yang akan membawa Sekolah yang dipimpinnya tidak lari dari arah yang diharapkan sesuai dengan visi dan misinya. (HERA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *