Ketum PJI Serahkan Sertifikat Kompeten UKW

  • Whatsapp

SURABAYA, beritaLima – bertempat di Pos 2 PJI tepatnya di Kedai Patroli, Sidosermo 2 Airdas no 11 Surabaya, Pada Kamis sore (02/ 05/ 2019), Ketum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJ I) Hartanto Buchori menyerahkan sertifikat Kompeten Uji Kompetisi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Dewan Pers melalui Tim Penguji dari UPN Veteran Yogjakarta.

Penyerahan Sertifikat dan ID Card Kompeten tersebut terdiri dari UKW melalui PJI angkatan 1 dan angkatan 2 yang dilaksanakan pada akhir tahun 2018 lalu.

“Sore ini kita gelar acara yang digagas dengan santai berupa ngopi bareng sekaligus penyerahan sertifikat dan ID Card UKW yang telah resmi dinyatakan Kompeten oleh Dewan Pers”, demikian disampaikan Ketum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJ I) Hartanto Buchori.

Menurutnya, Tujuan Standar Kompetensi Wartawan adalah untuk Meningkatakan kualitas dan profesionallitas wartawan. Menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers. Menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. Menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. Menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.Serta Menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Standar kompetensi wartawan menjadi bagian dari upaya yang sistematis dan terukur untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. “Standar ini menjadi sarana terbaik bagi wartawan untuk mengukur kemampuan, pengetahuan dan menegaskan posisi pentingnya di dalam perususahaan pers”, ucap Hartanto Buchori.

Sementara peserta UKW yang dinyatakan Kompeten oleh Dewan Pers yang dilaksanakan PJI sebanyak 29 Wartawan terdiri dari tingkatan muda, tingkat Madya dan tingkat utama. Sedangkan untuk peserta UKW PJI angkatan ke 3 (tiga) belum ada pengumuman resmi dari Dewan Pers.

Peserta UKW (Uji Kompetisi Wartawan) yang dilaksanakan PJI terdiri dari berbagai Media, baik cetak, elektronik dan online.

Merupakan beberapa peserta UKW PJI angkatan 2 (dua) adalah dari media beritaLima (www.beritalima.com). Yang bersangkutan adalah, Dino Somale beritaLima perwakilan Maluku, Anom Junaidi biro beritaLima Kabupaten Probolinggo, Andikurrahman biro Kabupaten Pamekasan dan Annie Busani biro Kabupaten Sumenep. Ketiganya dinyatakan kompeten oleh Dewan Pers.
Sedangkan ID card dan Sertfikat UKW ketiga Wartawan beritaLima dari berbagai daerah tersebut diserahkan Ketua umum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJ I) Hartanto Buchori diterima langsung redaksi beritaLima.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *