Khasiat Nenas Untuk Apa ..?

  • Whatsapp

Oleh,
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Menjelang hari imlek aku melihat sesajian sembahyang agama Budha mahpun Agama Kong Fuze bersembayang dengan sesajian nenas di altar sembahyang katanya harus ada nenas untuk mendatangkan rezeki.beda dengan
Pak udin tiap hari minum satu gelas nenas untuk atasi sakit reumatik, lain hal dengan bu Saodah nenas dijadikan bahan rujak untuk dijual.

Nanas adalah tumbuhan tropis dengan buah yang dapat dimakan dan tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam famili Bromeliaceae. Nanas adalah tumbuhan asli Amerika Selatan, dan telah dibudidayakan disana selama berabad-abad.

Nanas adalah jenis buah dari famili Bromeliaceae yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus Merr. Tanaman nanas memiliki kulit kasar yang keras dan daun runcing di atasnya. Rasa buah nanas adalah perpaduan manis dan sedikit asam yang segar.Buah nanas mengandung sejumlah besar vitamin C yang membantu melawan kerusakan sel, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Vitamin C juga menjadi membantu melngatasi masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat. Buah nanas dapat memiliki berat hingga delapan kilogram dan memiliki rasa yang manis dan asam, serta mengandung pektin seperti serat yang memberikan tekstur kenyal pada buah.Pohon nanas adalah tanaman asli Paraguay dan namanya berasal dari bahasa Spanyol piña, yang berarti biji pinus. Ini dianggap sebagai tanaman paling signifikan secara ekonomi dalam keluarga tanaman Bromeliaceae.

Mengutip dari Everyday Health (everdydayhealth.com), buah nanas kaya akan vitamin C, serat, vitamin B, mangan, dan jenis vitamin serta mineral yang lain. Cara mendapat manfaat nanas pun tak sulit. Anda bisa mengonsumsinya langsung, mengolahnya jadi salad atau jus, dan lain sebagainya.

Namun, jangan lupa untuk tidak menggunakan pemanis tambahan, ya. Hindari pula mengolah buah nanas dengan cara yang tidak sehat, misalnya dengan dibakar atau dipanggang. Dengan menghindari beberapa hal itu, khasiat buah nanas bisa Anda dapat secara maksimal.

Di balik rasanya yang segar dan lezat, buah nanas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan. Manfaat buah nanas tersebut ada karena di dalam buah tropis ini terkandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat buah nanas, Anda bisa mengonsumsi nanas segar yang telah matang dan dikupas. Selain itu, Anda juga bisa menikmati buah ini dengan cara lain seperti mengolahnya menjadi jus nanas, puding nanas, atau salad buah Di balik rasanya yang segar dan lezat, buah nanas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan. Manfaat buah nanas tersebut ada karena di dalam buah tropis ini terkandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.Untuk mendapatkan manfaat buah nanas, Anda bisa mengonsumsi nanas segar yang telah matang dan dikupas. Selain itu, Anda juga bisa menikmati buah ini dengan cara lain seperti mengolahnya menjadi jus nanas, puding nanas, atau salad buah.

Di dalam 100 gram buah nanas, terdapat sekitar 50 kalori dan beragam nutrisi berikut: 0,5 gram protein, 1,5 gram serat.13 gram karbohidrat, 10 gram gula,60 IU vitamin A,48–50 miligram vitamin C,18 mikrogram folat,110 miligram kalium,12 miligram magnesium
Selain itu, buah nanas juga mengandung aneka nutrisi lain, seperti vitamin B, kolin, selenium, zinc, antioksidan, dan bromelain.

MANFAAT NENAS
1. Meningkatkan imunitas tubuh
2. Mengatasi gangguan pencernaan
3. Membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang
4. Meningkatkan kesehatan jantung
5. Mengurangi peradangan
6. Menurunkan berat bada untuk kesehatan.
7. Membuat tulang kuat
8. Mengandung antioksidan penangkal penyakit
9. Meredakan peradangan
10. Membantu mencegah kanker
11. Mengurangi diare
12. Mengurangi gejala artritis

Berdasarkan penelitian A. F. Walker, dkk. yang diterbitkan dalam jurnal “Phytomedicine”, bromelain membantu mengurangi nyeri lutut dan meningkatkan kesehatan Para peneliti menyimpulkan bahwa makan satu hingga dua kaleng (140 hingga 280 gram) buah nanas setiap hari dapat mengurangi kemungkinan infeksi atau setidaknya mempersingkat durasi jika terkena infeksi karena kekebalan tubuh terjaga.Buah nanas umumnya aman dikonsumsi. Namun, buah ini mungkin tidak cocok dimakan oleh orang yang memiliki alergi terhadap lateks, karena nanas bisa memicu kambuhnya reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sakit perut, atau diare.
Nanas juga dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal atau kesulitan bernapas. Berdasarkan publikasi Drug Information Database dalam drugs.com, jus dari buah nanas mentah dapat menyebabkan muntah parah. Konsumsi bromelain berlebihan dari buah nanas juga dikaitkan dengan diare, aliran menstruasi berlebih, mual, ruam kulit, dan muntah.
RobertoNews 1255 《4.3.22(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait