Kinerja DPR Meningkat Dengan Tambahan Dua Komisi dan Satu Badan

  • Whatsapp
Puan Maharani jelaskan ada tambahan dua komisi dan satu badan baru di DPR

Jakarta, beritalima.com| – Kinerja DPR RI meningkat, dengan disepakatinya tambah dua komisi dan satu badan baru.

Hal ini dinyatakan Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani, penambahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sebagai bentuk kesiapan DPR RI dalam mengawal Pemerintahan baru, residen dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029.

“Tadi menyepakati bersama dengan delapan fraksi di DPR bahwa ada penambahan dua komisi untuk bisa kita ikut menyelaraskan atau menyinergikan dengan rencana dari pemerintah akan datang dengan penambahan kementerian yang seperti direncanakan oleh pemerintah,” ujar Puan usai Rapat Pimpinan (Rapim) dan Rapat Konsultasi pertama di Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakarta (14/10).

Terkait dengan mitra dari tiap komisi, akan diumumkan setelah Pemerintahan terpilih mengumumkan kementeriannya terlebih dahulu.

“Namun sampai sekarang, Komisi I sampai XI masih tetap, Komisi XII dan XIII nya nanti akan menyusul menyesuaikan seperti apa kementerian yang akan diumumkan oleh Pemerintah yang akan datang,” tutur Politisi Fraksi PDI-Perjuangan.

DPR RI juga akan menambah satu badan, yakni Badan Aspirasi Masyarakat. “Akan ada satu penambahan badan yang nantinya bertugas untuk bisa menampung aspirasi masyarakat, Badan Aspirasi Masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut setelah Rapim dan Bamus diselenggarakan, maka berikutnya, pimpinan AKD yang telah disepakati akan dilantik dalam Rapat Paripurna DPR RI yang digelar pada Selasa (15/10/2024).

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait