Kirab Budaya Ramaikan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI di Jayapura

  • Whatsapp

SENTANI – Ratusan masyarakat dari berbagai Suku dan Budaya se- Indonesia yang menjadi peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke VI pagi tadi mengikuti kirab Budaya. Senin (24/10/2022).

Kirab budaya yang mengambil star dari Lapangan Theys Eluay dan finish di Stadion Barnabas Youwe ini dilepas langsung oleh Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw.

Krab Budaya yang dilepas Bupati Jayapura dengan menabuh Tifa tersebut, selain untuk memeriahkan KMAN ke VI, juga untuk memperingati HUT ke- IX tahun Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) di Kabupaten Jayapura, dan juga juga Festival Danau Sentani (FDS) ke Enam Belas Tahun (XVI).

Serangkaian kegiatan dilakukan dalam satu kesatuan guna mengangkat nilai adat dan budaya se Nusantara serta mengaja dan melestarikan nilai – nilai budaya dari setiap masing suku di Nusantara.

Dalam sambutannya. Mathius Awoitau, menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura dan pemerintah Provinsi Papua, dan seluruh Masyarakat Adat TABI mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta di tanah TABI, Papua.

“Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa dan atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Pemerintah Provinsi Papua serta seluruh Masyarakat Adat Tabi melepaskan peserta kirab budaya,” tegas Awoitauw.

Para peserta kirab mengenakan baju adat berjalan beriringan sembari menari khas wilayah adatnya masing-masing. Dan pantauan dilapangan, kontingen termeriah selain dari Kabupaten Jayapura, juga kontingen kirab dari Minahasa Sulawesi Utara, yang melakukan tari Cakalele saat memasuki Stadion Barnabas Youwe tempat berlangsungnya acara.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait