Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Singgah di Tulungagung, Panji Lambang Provinsi Jawa Timur

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Kabupaten Tulungagung menerima kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya yang merupakan Panji lambang Provinsi Jawa Timur telah sampai di Kabupaten Tulungagung. Hal itu, ditandai dengan apel penyerahan Pataka yang dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Kamis, (3/10/2024).

Kegiatan Kirab Pataka, dihadiri oleh Forkopimda, Sekdakab dan kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung.

Kedatangan Kirab Pataka diiringi kesenian tari reog kendang, pasukan pembawa Pataka dari Satpol PP Kabupaten Blitar memasuki Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, guna mengikuti prosesi Apel penyerahan Pataka Jer Basuki Mawa Beya.

Pataka diserahkan kepada Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, selanjutnya Pataka tersebut diserahkan kepada Kasatpol PP Kabupaten Tulungagung untuk kemudian diteruskan ke Kabupaten Trenggalek.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan Panji lambang Satuan Polisi Pamong Praja “Praja Wibawa” lambang Satuan Perlindungan Masyarakat, lambang Satuan Pemadam kebakaran, “Yudha Brama Jaya” dan lambang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke 79, serta penyerahan Ripta prasasti kepada Pj. Bupati Tulungagung.

Setelah Ripta dibacakan oleh Pj. Bupati Tulungagung selaku pimpinan Apel, Ripta tersebut diserahkan kepada Kasatpol PP Kabupaten Tulungagung untuk kemudian diteruskan ke Satpol PP Kabupaten Trenggalek.

Heru Suseno mengatakan, kegiatan kirab pataka tersebut merupakan rangkaian dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur yang ke-79 yang dilakukan secara estafet dengan menyinggahi kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur.

Setelah rombongan kirab singgah di Tulungagung, akan melanjutkan kirab menuju Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten/kota lainnya hingga mencapai finish di Gedung Grahadi Surabaya.

“Kirab pataka ini memiliki makna yakni guna menebar semangat kepada seluruh masyarakat Jawa Timur,” ucapnya.

Lanjutnya, adapun untuk tema HUT Provinsi Jatim ke 79 Tahun adalah Sigap Pilkada Damai (SIPADAM) 2024, Jatim Bersatu Bersama Untuk Maju.

“Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Pj. Gubernur Jatim, tema ini diangkat bertepatan dengan diselenggarakannya Pilkada Serentak. Diharapkan kegiatan kirab ini dapat membawa semangat sinergitas, dalam menjaga dan melindungi masyarakat Jawa Timur dalam penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, dalam momen Pilkada,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait