Kolaborasi XL Axiata dan Kemen PPPA Buka Peluang Baru Bagi Perempuan di Lapas

  • Whatsapp

DENPASAR, beritalima.com | PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PPPA) belum lama ini meluncurkan program Sisternet “She Inspire” di Lapas Perempuan Kerobokan, Bali.

Program ini bertujuan membantu warga binaan perempuan binaan menghadapi tantangan sosial ekonomi melalui pemberdayaan keterampilan, dukungan psikologis, dan bimbingan kewirausahaan, sehingga ketika kembali ke masyarakat siap dengan keterampilan baru yang memungkinkan #jadilebihbaik.

Peresmian program ini dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dan Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk Dian Siswarini.

Dalam acara ini dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara XL Axiata dan Kemen PPPA, menandai komitmen bersama dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan melalui teknologi dan pelatihan.

Ruang lingkup MoU meliputi penyediaan pelatihan kewirausahaan, pembuatan materi komunikasi edukatif, serta pertukaran informasi yang relevan dengan misi pemberdayaan perempuan. Selain itu juga mencakup program tambahan untuk mendukung perempuan di Indonesia, khususnya yang mengalami kendala sosial dan ekonomi.

Menteri PPPA menyatakan, berdasarkan data Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, narapidana perempuan sampai 2023 sejumlah 10.013 orang atau sekitar 4,8 persen dari total narapidana.

Kemen PPPA sudah melakukan pelatihan pemberdayaan kepada sekitar 500 Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan (WBPP), khususnya yang masa tahanannya sebentar lagi akan selesai. Hal ini dilakukan agar WBPP memiliki bekal dan bisa melanjutkan hidup mandiri dan bermanfaat setelah keluar dari lapas.

Menteri PPPA mengapresiasi peluncuran program Sisternet ini, yang dinilai sejalan dengan misi Kemen PPPA dalam memberdayakan perempuan khususnya bagi yang memerlukan dukungan tambahan untuk bangkit dari masa lalu dan mempersiapkan masa depan yang lebih mandiri dan produktif.

Dengan program ini, lanjut Menteri PPPA, pihaknya berharap dapat membuka peluang baru bagi warga binaan perempuan agar dapat berkontribusi positif pada masyarakat dan keluarga.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, kolaborasi dengan Kemen PPPA ini merupakan wujud nyata komitmen XL Axiata untuk mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia di berbagai lapisan masyarakat terutama bagi yang mengalami keterbatasan akses.

“Kami percaya perempuan memiliki potensi luar biasa untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Melalui program Sisternet ‘She Inspire’, kami ingin memberdayakan perempuan di Lapas Kerobokan dan lapas-lapas lainnya untuk bisa meraih masa depan yang lebih baik dengan keterampilan dan kepercayaan diri yang kuat,” ujar Dian.

She Inspire, sebagai inti dari program Sisternet ini, merupakan sebuah platform pelatihan komprehensif yang memberikan peserta kesempatan untuk belajar dan berkembang, serta membangun keterampilan yang diperlukan untuk menjalani kehidupan yang lebih produktif.

Program ini mencakup berbagai kelas pelatihan, mulai dari keterampilan usaha, pendidikan, konseling psikologis, hingga pengembangan usaha kecil dan menengah (UMKM). Melalui She Inspire, warga binaan perempuan dibekali keterampilan seperti kewirausahaan, manajemen usaha kecil, dan konseling psikologis.

Program ini sudah membantu lebih dari 100 perempuan binaan membuka usaha mandiri setelah mereka bebas. Selain aspek ekonomi, She Inspire juga memberikan dukungan mental dan emosional yang sangat penting bagi perempuan yang berada dalam masa pemasyarakatan.

Pendekatan ini dirancang untuk mendorong kepercayaan diri mereka dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan pasca pembebasan, termasuk stigma sosial yang kerap melekat.

Program ini juga akan dilaksanakan di Lapas Perempuan di sembilan kota lainnya di Indonesia, antara lain di Tangerang, Lampung, Makassar, Lombok, Bandung, Malang, Yogyakarta, Medan, dan Padang.

Dengan cakupan yang luas, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perempuan yang sedang menjalani masa pemasyarakatan di berbagai wilayah Indonesia. (Gan)

Teks Foto: Menteri PPPA dan Presdir & CEO XL Axiata di acara peluncuran program She Inspire dan penandatanganan MoU di Lapas Perempuan Kerobokan, Bali (14/10/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait