Komite Seni Budaya Nusantara Jalani Diplomasi Kebudayaan Ke Maroko

  • Whatsapp
Diplomasi kebudyaan KSBN menuju Maroko

Jakarta, beritalima.com| – Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) dibawah pimpinan Mayjen TNI (Purn.) Drs, Hendardji Soepandji membawa 32 seniman seniwati Indonesia menjalani diplomasi dan misi kebudayaan ke Maroko.

Menurut Hendardji yang juga ketua Umum KSBN, misi budaya ini bertujuan mempererat hubungan persahabatan Indonesia-Maroko yang sudah terjalin lama sejak era Bung Karno, tepatnya saat Konferensi Asia Afrika di bandung pada 1955. “Di Maroko ada nama Jalan Soekarno, Jalan Bandung dan di Jakarta ada juga kompleks Casablanca,” kata Hendardji.

Rombongan berangkat dari Jakarta pada 18 September dan akan berada di Maroko hingga 27 September. Kedatangan Tim budaya KSBN yang akan melakukan pentas tari dan budaya lainnya, adalah  atas undangan Dubes Besar RI untuk Maroko berkaitan dengan peringatan HUT ke 79 Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Kami hadir dari empat provinsi yaitu Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara dan DKI Jakarta, dengan atraksi budaya yang dinamis dari beribu-ribu budaya di Indonesia yang akan dibawakan oleh 32 orang seniman-seniman dari Indonesia. Harapan kami semoga interaksi diatas panggung terbuka ini akan semakin mempererat hubungan kebudayaan antar Indonesia dan Maroko,” jelas Hendardji.

Mulai Sabtu (21/9), rombongan melakukan aksinya di lapangan terbuka yang bisa disaksikan oleh masyarakat umum hingga Rabu (25/9). Diplomasi kebudayaan KSBN ini sekaligus memperkenalkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia di pentas dunia.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait