Komnas Perempuan Beri Penghargaan KAI Karena Sediakan Ruang Aman Kekerasan

  • Whatsapp
Komnas Perempuan Beri Penghargaan KAI karena beri ruang aman kekerasan

Jakarta, beritalima.com|– PT Kereta Api Indonesia (Persero) terima penghargaan dari Komnas Perempuan kategori pelopor “Membangun Ruang Aman dari Kekerasan” dalam acara Peringatan 26 Tahun Komnas Perempuan dan Apresiasi Mitra Komnas Perempuan (16/10).

Penghargaan diberikan Ketua Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Andy Yentriyani kepada Direktur SDM dan Umum KAI Rosma Handayani.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, “KAI terus berupaya untuk berkolaborasi dengan komunitas pecinta kereta api dan instansi terkait untuk menjalankan program edukasi/kampanye mengenai stop kekerasan berbasis gender dan kekerasan lainnya di lingkungan KAI Group.”

Dan, tambah Anne, “KAI juga menyediakan fasilitas yang ramah perempuan dan anak, seperti ruang laktasi bagi Ibu menyusui serta area bermain anak di stasiun dan toilet terpisah bagi wanita dan pria baik di stasiun maupun kereta.”

Untuk Commuterline juga serupa. “Pada layanan Commuterline, KAI memberikan pin khusus bagi ibu hamil serta menyediakan gerbong khusus perempuan,” jelas Anne.

Upaya pencegahan lainnya yang dilakukan terhadap ancaman ksi pelecehan adalah melengkapi layanan Commuterline dengan sistem CCTV Analytic.

“CCTV Analytic yaitu sistem CCTV yang dapat mengidentifikasi melalui rekam wajah pelaku tindak pelecehan maupun tindak kriminal lainnya yang sudah menjadi data base pada system. Sistem ini dirancang untuk mencegah pelaku pelecehan atau tindak kriminal lainnya masuk kembali ke area stasiun,” papar Anne.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait