Komunitas IT Mencerdaskan Anak Bangsa Dengan Seminar Cyber Security Marathon

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com Dunia digital bukanlah hal yang baru lagi saat ini. Dengan adanya sosial media, jaringan Cyber sangat cepat menjamur dengan adanya smartphone.

Apalagi dengan adanya sekelompok pemuda yang bergabung dari beberapa komunitas cyber seperti Depok Cyber Security, Reversing-ID & IndoXploit yang tidak pernah lelah untuk mencerdaskan anak bangsa menggunakan teknologi secara positif.

Ketua pelaksana event “Cyber Security Marathon” mengatakan beberapa komunitas yang tergabung dalam event ini akan membuat acara seminar dan penyuluhan dibeberapa kampus. Karena sangat disayangkan kalau kegiatan ini hanya bisa dipahami oleh kalangan orang yang mendalami IT saja, akan tetapi masyarakat luas juga bisa memahami IT (Dunia cyber). Adapula orang awam yang bertanya-tanya hacker itu apa dan mereka melakukan apa sih?

Senin 8/1/2018. Awak media Beritalima mendapatkan kesempatan untuk bisa mewawancarai langsung para pihak pemain dunia cyber, yang mana artis dunia maya ini sudah sangat top brand di kalangan penggiat IT.

Wanita bercadar bernama Veey adalah wanita muda yang berbakat. Ia pun bersama tim nya mengatakan “kami rela berbagi ilmu kami untuk sahabat-sahabat di mana pun berada, ilmu kami tidak akan pernah kurang jika kami share ke teman teman semua” sambil bercanda dengan awak media.

Sebagai pelaksana kegiatan kang Dul, panggilan akrab sang Ketua Cyber Security Marathon ini mengatakan ada juga yang unjuk kemampuan khususnya untuk memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga diri dari serangan dunia cyber agar masyarakat luas bisa dan tahu bagaimana cara menanggulangi serangan cyber itu sendiri dan merubah pandangan masyarakat umum tentang kata “hacker” itu sendiri, dikarenakan masyarakat umum masih menilai bahwa “hacker” itu jahat.

Saat ditanya awak media kembali dengan adanya kegiatan pengenalan Cyber security Marathon ini apakah bisa mengurangi dampak negatif dalam menggunakan sosial media?

“Itu tentu sangat bisa” ujar Kang Dul. Karena dengan adanya Cyber Security Marathon, membuat masyarakat umum sadar akan betapa pentingnya menggunakan social media secara bijak dan bisa menghindari serangan cyber.

Dihimbaukan kepada siapapun yang mau berpartisipasi? tentu sangat bisa. Karena kegiatan ini menghadirkan public speakers sangat mudah dimengerti dan dipahami secara umum.

Undangan kami pun insyaAllah akan dihadiri oleh, Walikota Depok KH. Dr.Mohammad Idris dan Bpk. Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna. Dan InsyaAllah akan dihadiri oleh Polisi & TNI dan sekaligus aparatur pemerintah lainnya.

Bahkan tidak tanggung-tanggung event perdana kami untuk target peserta sekitar 1500 orang, mengingat kapasitas ball room yang akan kami gunakan di salah satu hotel besar di kota Depok itu sangat besar dan bisa menampung hingga 1500 orang.

“Harapan kami kedepan agar semua kegiatan ini berjalan lancar dan kami pun yakin akan ada nilai positifnya, yaitu betapa pentingnya kita bisa memberikan masukan dan arahan kepada masyarakat umum, aparatur pemerintah dan bisa merangkul seluruh komunitas IT di Indonesia, khusus nya di kota Depok. Dan bisa memberikan sedikit ilmu tentang bagaimana menjaga diri sendiri terhadap serangan cyber dari dalam negeri maupun luar negeri dan cara menanggulangi nya, ketika serangan cyber itu sudah masuk” ucapnya.#Ctl

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *