Koramil 0825/01 Banyuwangi Bersihkan Rumah Warga Pasca Banjir Bandang

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Pasca terjadinya Banjir Bandang yang melanda di Lingkungan Kebun Jeruk Rt.04, Rt.05 Rw.03 Kelurahan Lateng Kecamatan Banyuwangi sebanyak 34 KK yang terjadi pada hari Kamis, 15 Maret 2018 kemarin, Personel Koramil 0825/01 Banyuwangi bersama BPBD Kabupaten Banyuwangi, Sat Pol PP Kabupaten Banyuwangi, Senkom Mitra Polri, Tagana serta warga sekitar melaksanakan Karya Bakti pembersihan rumah warga yang terdampak pasca banjir sebanyak 34 KK, Karya Bakti tersebut melibatkan sekitar 500 orang.

Pasca Banjir Bandang yang terjadi yang mengakibatkan 2 rumah roboh milik Holis dan Abdul Qodir, personel Koramil 0825/01 Banyuwangi bersama Dinas Intansi terkait dan warga sekitar bahu membahu membersihkan sisa-sisa Lumpur yang menggenangi rumah warga.

Pasca kejadian, Alat berat seperti buldoser juga digunakan untuk membersihkan material dan tumpukan lumpur yang memenuhi jalan serta rumah warga.

pembersihan lumpur di rumah warga dilaksanakan oleh Personel TNI dari Koramil 0825/01 Banyuwangi bersama Personel BPBD, TAGANA, Senkom Mitra Polri serta masyarakat sekitar dengan sasaran membersihkan kotoran sampah yang masuk kedalam rumah warga serta membersihkan lumpur yang menutupi jalan setapak dengan alat penyedot dari BPBD Kab. Banyuwangi.

Sedangkan sasaran Karya Bakti di Jalan Bawean Di Lingkungan Kebun Jeruk Rt.05 Rw.04 Kelurahan Lateng tepatnya di Timur Pabrik PT. NAPO Asrama Sukowidi juga menjadi sasaran karya bakti pembersihan sisa-sisa lumpur yang masuk kerumah warga serta membersihkan lumpur dengan sasaran karya bakti sekitar jalan sepanjang 500 meter dengan melibatkan Sat Pol PP Kab. Banyuwangi yang dipimpin oleh Kasat Pol PP Kab. Banyuwangi bapak Edy Supriyono

Menurut Kapten Arh Surahman mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto mengatakan, melihat bencana yang melanda diwilayah Kelurahan Lateng ini pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pembersihan sisa-sisa sampah dan lumpur.

“Guna meringankan beban warga yang terdampak banjir bandang ini, kami langsung turun tangan dengan menggandeng Dinas Intansi terkait BPBD, Tagana, petugas Medis dari Puskesmas Singotrunan dan eleman masyarakat, kami membersihkannya memakai buldoser dan alat penyedot pompa air milik BPBD Kabupaten Banyuwangi untuk menyemprot material lumpur yang ada di jalan dan yang masuk ke pemukiman warga.

Sementara itu Lurah Lateng Arief Baliawan mengatakan ,” Kami sangat mengapresiasi bantuan tenaga dari pihak Koramil 0825/01 Banyuwangi yang sangat antusias menanggulangi bencana di wilayahnya, kami sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Dinas Intansi terkait, warga setempat atas peran serta semua pihak termasuk TNI. Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak TNI, terutama bapak Babinsa yang selalu mengawal bersinergi mengatasi segala permasalahan yang terjadi diwilayah tugas tanggung jawabnya.

Dalam pelaksanaan karya bakti tersebut juga ditinjau oleh Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, M, Si, dalam kunjungannya tersebut Bupati Banyuwangi langsung memberikan bantuan berupa sembako dan barang keperluan lainnya, serta meninjau dua rumah yang roboh diterjang banjir bandang yaitu rumah Holis dan Abdul Qodir.

Meski kejadian banjir bandang tersebut tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian materiil yang dialami warga mencapai puluhan juta rupiah. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *