KOSABANGSA UNIJA Dan UPN Menciptakan Branding Batik Tulis PAJJHER Dan BRANDING Desa Wisata Batik Gingging

  • Whatsapp

Kolaborasi Sosial Membangung Masyarakat (KOSABANGSA) antara Universitas Wiraraja Madura (UNIJA) dengan Universitas Pembangunan Negara (UPN) “Veteran” Jawa Timur dalam melakukan branding Desa Wisata Gingging serta branding Batik Tulis Pajjher. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Universitas Wiraraja Madura berperan sebagai pelaksana pendampingan terhadap mitra Batik Tulis Pajjher dan Karang Taruna dalam pelaksanaan pelatihan membatik dan dalam membuat branding.

Serta dari Universitas Pembangunan Negara “Veteran” Jawa Timur dalam kegiatan kolaborasi berperan sebagai pendamping, dimana nantinya tim pendamping akan mendesain alat untuk pengembangan proses membatik serta mendesain branding dari Desa Gingging dan Batik Tulis Pajjher. Kegiatan kolaborasi ini terlaksana atas hibah DRTPM Kolaborasi Sosial Membangun Desa (KOSABANGSA) tahun 2023. Desa Gingging merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep yang memiliki beberapa pengerajin batik.

Dengan adanya potensi pengembangan batik di Desa Gingging, maka pelaksanaan kegiatan pelatihan membatik diharapkan nantinya akan dapat memberikan tambahan pengetahuan tentang cara membatik bagi masyarakat sekitar dan dapat menumbuhkan minat masyarakat dalam membatik. Selain diadakan pelatihan membatik, tim dari UNIJA dan UPN memberikan branding pada Desa Gingging dengan sebutan “Desa Wisata Batik Gingging” dan pengembangan branding dari Batik tulis Pajjher. Dengan adanya branding tersebut diharapkan Desa Gingging akan dikenal dengan wisata batiknya, dan juga untuk Batik Tulis Pajjher akan lebih dikenal oleh masyarakat luas tentang produknya.

Kegiatan Kolaborasi dilaksanakan sejak Bulan Agustus dan akan terus berlangsung sampai Desember tahun ini. Tim abdimas dari PTS dan PTN Jawa Timur ini memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan membatik serta melakukan branding kepada Batik Tulis Pajjher dan Desa Gingging dengan penerapan teknologi tepat guna serta desain alat teknologi tepat guna dalam membantu produksi batik seperti canting elektrik dan batik cap serta branding terhadap Batik Tulis Pajjher dan Desa Gingging dalam bentuk video profil.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait