KPU Jatim Sosialisasikan Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu 2019

  • Whatsapp

SURABAYA, BeritaLima – Tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilu Tahun 2019 di sosialisasikan oleh KPU Jawa Timur, Rabu (15/8).

Acara sosialisasi disampaikan oleh Eko Sasmito, Choirul Anam, Gogot C.Baskoro dan perwakilan dari Dispenduk Capil Jawa Timur, Sambudi.

“Tahapan saat ini adalah pemutakhiran data pemilih tambahan ditingkat Kabupaten dan Kota, sejak Tgl 15 Agustus sampai dengan 21 Agustus” Ujar Choirul Anam.

Sedangkan DPTB mulai diurus tanggal 21 Agustus 2018 sampai dengan Bulan Maret 2019 “30 hari sebelum pelaksanaan Pemilu” Tambah Anam Komisioner KPU Jatim Bidang Perencanaan dan data.

Masih menurut Anam, bahwa sistem Pemilu 2019, nantinya berbasis KTP-Elektronik, artinya Bagi warga Indonesia cukup memakai KTP-Elektronik untuk memberikan suara di TPS” tandasnya.

Dalam sesi tanya jawab, LIRA Jawa Timur sebagai Pemantau Independent mempertanyakan DPT Ganda pada Pilgub yang lalu, “Pada Pilgub kemaren, kami menemukan DPT Ganda di Madura dan Surabaya, agar hal itu tidak terulang kembali” tandas Irham Gubernur Lira Jatim.

Dari data yang dipaparkan KPU Jatim, jumlah TPS se Jawa Timur untuk Pemilu 2019 yaitu 10.498 dan Daftar Pemilih Sementara 30.643.350 Orang.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan kroscek apakah sudah tercantum di DPT, dapat melihat di www.sidalih3.kpu.go.id sehingga apabila tidak tercantum, dapat menghubungi Desa/Kelurahan ditempat masing-masing. (IK)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *