KPU Mimika Lakukan Analisa Data Ganda DPHP

  • Whatsapp

Timika, beritalima.com. Kadiv Data KPU Kabupaten Mimika, Budiono mengungkapkan, delapan Distrik di Mimika telah melakukan pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Pemutarhiran Pantarlih (DPHP). Namun untuk pleno Kabupaten masih menunggu hasil dari analisa data ganda yang saat ini KPU lakukan, Minggu (11/8).

“Delapan Distrik telah melakukan pleno, namun memang kita belum bisa mengeluarkan datanya karena memang masih kita lakukan analisa data ganda,” ujarnya saat dihubungi.

Ia menjelaskan untuk data DPHP saat ini kurang lebih 223 ribu jiwa, data ini belum bisa ditetapkan sampai nantinya data analisa ganda dikeluarkan sesuai dengan aplikasi Sistem informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan pendataan yang dilakukan lapangan.

“Jadi kenapa kita analisa data, karena yang kita temukan dilapangan pemilih ada di Distrik lain namun di SIAK pemilih berada di Distrik lain, sehingga kemarin kami Kadiv Data KPU se-Indonesia dikumpulkan untuk lakukan analisa ini,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Budi KPU Mimika akan lakukan pleno menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang rencananya akan dilangsungkan pada 11 Agustus 2024.

“Hari ini saya baru sampai di Timika, jadi kemungkinan kita pleno 11 atau 12 Agustus, selanjutnya DPS akan kita bawa ke Provinsi, pasca dari Provinsi barulah di distribusikan ke Distrik, dan Kampung, untuk dikroscek dan mendapat tanggapan dari masyarakat, untuk perbaikan, dan itu dilakukan selama 10 hari,” ungkapnya.

Usai adanya tanggapan dari masyarakat yang akan dilakukan di tanggal 18-27 Agustus, dan rampung diperbaiki, maka akan dilakukan pleno tingkat Kabupaten, untuk ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPT).

“Pleno DPT Kabupaten dijadwalkan 14 September, selanjutnya pleno DPT Provinisi dijadwalkan 22 September,” Kata Budi.

(Timika/Lasatya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait