KPU Tulungagung Gelar Sosialisasi Pilkada Serentak 2024

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, menggelar sosialisasi Pilkada Serentak 2024, bertempat di Hotel Barata Conversation Hall Jl. WR. Supratman Tulungagung. Jumat (20/9/2024).

Hadir dalam Kegiatan tersebut, ASN Pemkab Tulungagung, Kepala Desa, Camat, Forkopimcam, dan stakeholder terkait.

Ketua KPU Tulungagung, Moh. Lutfi Burhani mengatakan bahwa, tujuan dilakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman terkait tahapan Pilkada 2024 sekaligus menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sosialisasi ini merupakan upaya pencegahan pelanggaran yang mungkin dilakukan oleh ASN, Kepala Desa, Camat, dan Forkopimcam,” katanya.

Menurutnya, selain pencegahan pelanggaran pemilu, netralitas sangat ditekankan, dan semua pihak diharapkan berperan aktif dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Selain itu, lanjutnya, KPU Tulungagung juga berupaya meningkatkan partisipasi pemilih menjadi 80,2 persen pada Pilkada 2024, setelah pada pemilu sebelumnya partisipasi mencapai 70 persen.

“Target ini menjadi tantangan tersendiri, mengingat tingginya jumlah pemilih pemula yang mencapai 60 persen dari total pemilih di Tulungagung. Kami aktif melakukan sosialisasi di SMK dan SMA untuk mengajak pemilih pemula turut serta datang ke TPS, karena suara mereka akan sangat berpengaruh terhadap masa depan Tulungagung,” terang Moch. Lutfi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tulungagung, Tri Hariadi, mengaku optimis bahwa target partisipasi pemilih dapat terlampaui.

“Kami berharap partisipasi pemilih Tulungagung bisa lebih dari 80,2 persen dan meningkat secara signifikan dibandingkan dengan Pileg dan Pilpres kemarin,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Tulungagung, AKBP Muhammad Taat Resdi, turut menambahkan bahwa tahapan inti Pilkada sudah dimulai dengan Operasi Mantap Praja.

Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dijadwalkan pada 20 September, sementara penetapan pasangan calon pada 22 September, dan pengundian nomor urut pada 23 September, dilanjutkan dengan tahapan kampanye pada 25 September 2024.

“Kami telah menyiapkan pengamanan, dimana setiap calon akan dikawal oleh dua personel polisi, dengan total 16 personel jika ada 8 calon yang lolos,” kata Kapolres.

“Sosialisasi ini diharapkan tidak hanya memperkuat netralitas ASN, tetapi juga mendorong partisipasi aktif masyarakat Tulungagung dalam Pemilu 2024,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait