Kurangi Terjadinya Banjir Tahunan, Pemkab Mojokerto Bangun Drainase Desa Modongan

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Hampir semua wilayah di Kabupaten Mojokerto terus berbenah di bidang infrastruktur, baik jalan dan perairan. Salah satunya adalah membenahi wilayah agar bebas banjir di kabupaten Mojokerto.

Untuk mengantisipasi dan mengurangi potensi banjir langganan saat musim penghujan, Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto melakukan pembangunan sistem Drainase Lingkungan Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Pembangunan tersebut dilakukan sebagai upaya penanganan permasalahan banjir kerap terjadi di tiap musim penghujan di Desa Modongan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Mojokerto, Reynaldi Rizal Sabirin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Penyehatan Lingkungan dan Prasarana Pemukiman (PLPP), Yayan Ernes, S.T, mengatakan, di lokasi tersebut termasuk wilayah yang rawan genangan, terutama saat musim hujan. Hal itu disebabkan karena drainase yang kecil dan sudah membutuhkan revitalisasi atau peremajaan.

“Kondisi drainase kurang besar sehingga saat debit air tinggi dan deras, aliran air tidak bisa mengalir dengan maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pembangunan ulang drainase dengan ukuran yang lebih besar,” ucapnya.

Lebih Lanjut, Kabid PLPP, menambahkan, dengan dibenahinya titik-titik yang menjadi penyumbatan aliran air di sepanjang saluran di Modongan ini, diharapkan dapat mengurangi banjir di kawasan itu.

” Kami berharap pembangunan Drainase di desa Modongan bisa mengurangi banjir sehingga dapat memperlancar hubungan ekonomi sosial masyarakat Mojokerto” ungkap Yayan di ruang kerjanya. Senin (19/8/2024). (Kar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait