Lapak Asik BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo Kian Dipahami Peserta

  • Whatsapp
www.beritalima.com

SURABAYA, beritalima.com | Layanan online Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik), hingga saat ini masih dijalankan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Surabaya Darmo.

“Pemberlakuan Lapak Asik ini sebagai langkah preventif kami dalam penyebaran Covid-19,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko, Rabu (1/4/2020).

Sebelumnya, lanjut Guguk, pelayanan yang dilakukan secara fisik seperti biasa. Dan untuk layanan online Lapak Asik ini sudah dimulai sejak 23 Maret 2020, serentak se-Indonesia sesuai arahan Direksi BPJAMSOSTEK.

Dalam pelayanan secara online ini, terang Guguk, untuk klaim JHT peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau melalui situs resmi di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

www.beritalima.com

Setelah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Selanjutnya, petugas akan melakukan verifikasi berkas. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti email, whatsapp/sms atau telepon.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Jika peserta tidak berhasil mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke Kantor BPJAMSOSTEK yang dipilih saat registrasi, dan memasukkan dokumen ke dalam dropbox yang tersedia untuk diproses lebih lanjut.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Adapun pada saat verifikasi dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut, petugas akan menghubungi peserta melalui telepon/email/videocall.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Guguk menambahkan, selain layanan klaim JHT, pengajuan klaim jaminan lainnya juga diberlakukan metode Lapak Asik. Formulir yang diisi peserta atau perusahaan dapat diletakkan ke dalam dropbox setelah kelengkapan dokumen telah dipenuhi.

www.beritalima.com

Peserta, petugas perusahaan, atau ahli waris dapat langsung mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK dengan membawa persyaratan yang ditentukan, dan memasukkan ke dalam dropbox yang disediakan.

Untuk mengurangi interaksi langsung, dropbox ditempatkan di luar ruangan. Dan sebelum dokumen diverifikasi akan disemprot terlebih dahulu dengan desinfektan. Setelah itu, dokumen akan diteruskan secara berkala kepada petugas back office untuk diproses lebih lanjut.

“Kami harapkan dengan cara seperti ini akan meminimalisir risiko penyebaran Covid-19,” tandas Guguk.

“Kami juga mendukung social distancing dengan cara meningkatkan ruang fisik antara peserta untuk menghindari penyebaran Covid-19 dengan membuat jarak melalui tanda silang di kursi tunggu,” tambah Guguk.

“Selain itu, kami juga menyediakan handsanitizer yang sewaktu-waktu dapat digunakan peserta sebagai antiseptik untuk menjaga higienitas masing-masing,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, semua peserta yang datang di Kantor Cabang BPJAMSOSTEK juga akan diukur suhu tubuhnya, dan diwajibkan menjaga higienitas diri sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19.

Dia kembali mengingatkan, untuk informasi lebih lanjut terkait pelayanan BPJAMSOSTEK atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo. (Ganefo)

Teks Foto: Petugas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo saat mengarahkan peserta untuk memasukkan berkas pengajukan klaim ke dropbok, Rabu (1/4/2020).

www.beritalima.com

Pos terkait