Lapas Pemuda Madiun Gelar Baksos Pengabdian Masyarakat

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Madiun, Jawa Timur, menggelar baksos pengabdian masyarakat serentak, Sabtu 5 Februari 2022.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pemuda Madiun, Ardian Nova Christiawan, memberikan dua jempol atas kontribusi yang dilakukan oleh seluruh jajaran. Pasalnya, mewujudkan empat kegiatan dapat berjalan lancar secara bersamaan, tidak mudah. Terlebih, melibatkan berbagai Instansi Pemerintahan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kelancaran pelaksanaan kegiatan baksos hari ini. Semoga menjadi catatan amal kebaikan kita semua, Amin,” tutur Ardian.

Menurutnya, kegiatan ini hasil kolaborasi antara FK-KMK UGM, Kemenkumham, Asosiasi RS TNI-Polri, BKKBN, YHKI, Koseindo dan komponen masyarakat.

“Kegiatan hari ini juga ada penyuluhan dan pemasangan KB gratis, penyuluhan bahaya Napza, pengobatan gratis dan vaksinasi untuk WBP (warga binaan pemasyarakatan),” terangnya

Kegiatan tersebut, paparnya, dilakukan serentak di 47 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia. Dengan sasaran WBP, agar memiliki daya tahan tubuh sehat dalam menjalani masa pidana.

“Tentu ini memberikan manfaat yang amat besar bagi WBP. Karena kita tahu persis, hampir di seluruh Lapas di Indonesia mengalami over crowded atau over kapasitas. Ini tidak mungkin physical distancing, karena harus membaur,” ungkapnya.

Terkait jumlah hasil pelaksanaan baksos dari masing-masing kegiatan, lanjutnya, pertama, pemasangan KB implan gratis dengan sasaran warga Kelurahan Madiun Lor, 5 orang. Kedua, vaksinasi kepada 178 WBP dan vaksin booster kepada 16 petugas. Ketiga, pengobatan gratis kepada 116 WBP dengan riwayat penyakit diabetes, hipertensi, pusing dan alergi dan penyuluhan bahaya Napza dan penyakit menular seksual yang diikuti oleh 60 WBP mantan penyalahgunaan narkotika.

“Rinciannya yang vaksinasi, dosis I Astra Zeneca sebanyak 161 WBP, dosis II Astra Zeneca 13 WBP, dosis II Sinovac sebanyak 4 WBP,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya, Kadinkes Kota Madiun, Kabid Pembinaan Kanwil Kemenkumham Jatim, Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim dan Karumkit Tk. IV DKT Madiun.

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (sumber: Humas Lapas/editor Dibyo).

Ket. Foto: Ardian Nova C (tengah) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait