Latihan Keamanan Siber Warnai Super Garuda Shield 2024

  • Whatsapp
Latihan Keamanan Siber Super Garuda Shield diikuti tentara banyak negara

Surabaya, beritalima.com| – Latihan Keamanan Siber atau Cyber Exercise merupakan salah satu metode latihan yang penting dalam Super Garuda Shield 2024. Dalam materiini tak hanya mengenai bagaimana meningkatkan keamanan dalam menghadapi serangan Siber, namun juga kemampuan untuk melakukan serangan balik terhadap lawan.

Peserta latihan saling belajar dengan berkolaborasi dan berinteraksi dalam penyelesaian permasalahan skenario latihan dan memperkuat kerjasama lintas batas antar negara. Semangat persahabatan dan profesionalisme terlihat dalam setiap latihan yang diikuti banyak negara sahabat.

Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield memang terbagi dua, ada yang diluar maupun dalam ruang. Yang di dalam ruang adalah Staff Exercise (Staffex) serta Cyber Exercise (Cyberex). Kedua latihan ini melibatkan banyak ratusan prajurit multinasional mewakili berbagai negara, di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II Ujung Surabaya (29/8).

Staff Exercise atau biasa dikenal dengan istilah Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi militer utamanya dalam proses pengambilan keputusan.

Adapun materi yang dilatihkan terkait kemampuan cara proses pengambilan keputusan militer serta koordinasi antar negara dalam menyelesaikan misi yang diskenariokan.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait