Lebih Enak Sakit Hati Daripada Sakit Gigi

  • Whatsapp

Oleh
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Pepatah kuno saling mengingatkan ” lebih baik sakit hati daripsda sakit hati” ini menunjukkan bahwa kalau kita sakit gigi berarti sakit yang luar biasa membuat semua saraf tubuh meradang kesakitan berat.bila sakit gigi seluruh tubuh
Ikut terinfeksi dan sakit luar biasa…….

Gigi berlubang menjadi masalah pada gigi yang paling umum ditemui di Indonesia. Kalau tidak diatasi dengan baik, lama kelamaan rasa sakitnya bisa tidak tertahankan. Selain minum obat pereda sakit sambil menunggu pergi ke dokter, Anda juga bisa menggunakan cara alami.

Masalah gigi berlubang sebenarnya bukan cuma dialami oleh anak-anak saja. Enggak percaya? Menurut data dari Kemenkes (2013), kira-kira sebanyak 25,9 persen penduduk Indonesia memiliki masalah gigi dan mulut, termasuk gigi berlubang. Nah, pengidapnya dari segala kalangan, mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Jangan main-main dengan gigi berlubang, karena masalah ini bisa menimbulkan nyeri atau sakit yang mungkin tidak tertahankan. Selain itu, dalam beberapa kasus gigi berlubang bisa mengakibatkan komplikasi, mulai dari infeksi gigi, abses gigi, sepsis, hingga gigi tanggal. Lantas, bagaimana cara menghilangkan sakit gigi berlubang yang paling tepat? Baca ulasannya di sini!

CARA MENGATASI GIGI BERLOBANG
1. Filling atau Tambal Gigi
2. Penggunaan Fluoride
3. Cahaya Neon
4. Prosedur Crown
5. Perawatan Saluran Akar
6. Cabut Gigi

PENYEBAB SAKIT GIGI
Seperti diungkapkan oleh drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD., praktisi kesehatan gigi dan pakar biologi oral Universitas Indonesia, penderita gigi berlubang ini sangat tinggi di Indonesia. Penyebabnya adalah kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan gigi masih sangat minim.Itu juga yang mendasari adanya program-program edukasi kebersihan mulut ke sekolah-sekolah, sebab membangun kebiasaan memang harus dilakukan dari kecil. Ketika kesadaran ini tidak ditumbuhkan, maka risiko terkena gigi berlubang pun akan bertambah. Gigi berlubang disebabkan oleh asam yang diproduksi bakteri yang memakan gula dari makanan yang kita makan. Asam ini dapat merusak gigi. Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan dengan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Anda bisa pergi ke dokter gigi, dokter akan melakukan pengecekan, sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat untuk menangani gigi berlubang. Anda tentu pernah mendengar menambal gigi, bukan? Prosedur yang dilakukan adalah dengan mengebor gigi yang berlubang, lalu diisi dengan bahan-bahan aman untuk menambal gigi – seperti campuran perak, emas. Tapi, jika gigi sudah senut-senut namun Anda belum bisa langsung ke dokter. Maka, cara alami bisa menjadi pilihan Anda.

CARA MENGATASI SECARA ALAMIAH
1. Garam :Garam mengandung antiseptik dan antibakteri. Anda bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan serta nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri di mulut. Berikut cara menggunakannya:

2. Bawang putih :Bawang putih dapat berfungsi sebagai antibakteri dan sangat direkomendasikan sebagai obat alami juga tradisional untuk sakit gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang dan membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat.

3. Licorice (akar manis) Menurut penelitian yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Terdapat senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Kunyit : Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Manfaat yang bisa Anda peroleh berupa kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri.

5. CengkehBersifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri membuat cengkeh menjadi salah satu bahan yang penting untuk mengatasi masalah gigi. Tak hanya itu, cengkeh sebagai obat sakit gigi alami juga tradisional juga mampu mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran gigi berlubang.

6. Lidah buaya :Biasanya, lidah buaya digunakan sebagai perawatan kulit wajah juga rambut. Hal ini dikarenakan manfaatnya untuk menenangkan juga mampu menebalkan rambut.

7. Oil pulling Oil pulling merupakan teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayuverdic – berasal dari budaya India – ini telah digunakan berabad lalu. Manfaat yang ditawarkan dari obat alami sakit gigi berlubang ini berupa oral detoksifikasi.

CARA MENGATASI GIGI BERLOBANG
1. Memberikan fluoride Jika lubang pada gigi masih dalam tahap awal dan tergolong ringan, perawatan dengan fluoride bisa dijadikan solusi untuk memperkuat dan memperbaiki enamel gigi yang rusak. Caranya adalah dengan mengoleskan fluoride dalam bentuk cair, busa, gel, atau pasta ke gigi selama beberapa menit.

2. Menambal gigi :Dokter biasanya akan menambal gigi berlubang bila telah menimbulkan perubahan warna gigi, perubahan struktur gigi, rasa nyeri tiba-tiba tanpa sebab, serta nyeri saat mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, dingin, atau panas.

3. Menggunakan crown gigi :Untuk kerusakan gigi yang lebih parah atau gigi rapuh, dokter biasanya akan membuatkan crown gigi khusus yang ditempatkan di atas gigi untuk menggantikan seluruh mahkota alami gigi. Mahkota buatan ini bisa terbuat dari emas, porselen, atau resin.

4. Melakukan perawatan saluran akar gigi :Perawatan saluran akar gigi juga bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Perawatan ini diperlukan apabila pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi atau pulpa. Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan membuang pulpa gigi yang sakit.

5. Mencabut gigi :Cabut gigi diperlukan jika perawatan saluran akar tidak membantu. Artinya, pada kondisi ini pembusukan di gigi sangat parah hingga tidak dapat dipulihkan dan harus dibuang. Gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser.
Demikian sajian artikel singkat u tuk kita ketahui memang sakit gigi luarbiasa tak nyaman, gangguan tidur dan sebagainya sehingga melahirkan pepatah berbunyi ” lebih eanak sakit hati daripada sakit gigi !”
1RobertoNews 1276《23.3.22 (07.30》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait