Libatkan Ratusan Karyawan, Permata Bank Berbagi CERITA untuk Anak Usia Sekolah di Lebih dari 22 Kota di Indonesia

  • Whatsapp

Permata Hati Sebarkan Edukasi Literasi Keuangan dan Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan

SURABAYA, Beritalima.com-
Permata Bank, melalui inisiatif Permata Hati, kembali menghadirkan program CERITA (Cinta dan Edukasi daRI kiTA) di lebih dari 22 kota di Indonesia secara serentak.

Program tahunan ini bertujuan mendorong budaya menabung, meningkatkan literasi keuangan, dan peduli terhadap kelestarian lingkungan sejak dini.

Lebih dari 600 karyawan Permata Bank berperan aktif sebagai Employee Volunteers (EVO) untuk memberikan pembelajaran bagi siswa/i dari TK hingga SMA, termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB).

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024 menunjukkan bahwa kelompok usia 15-17 tahun memiliki tingkat literasi keuangan terendah.

Padahal, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mulai memahami konsep keuangan sejak usia 6 tahun dan membentuk kebiasaan finansial permanen pada usia 7 tahun

Menyadari hal ini, Permata Bank menghadirkan program CERITA untuk membantu generasi muda lebih paham dan bijak dalam mengelola keuangan. Selain literasi keuangan, program ini juga menekankan pentingnya keuangan berkelanjutan dengan mendorong kepedulian sosial dan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan POJK No. 51 tahun 2017 yang diwujudkan Permata Bank melalui inisiatif konservasi Gajah Sumatera di Bukit Tigapuluh, Jambi, yang diperkenalkan lewat storytelling “Gani, si Anak Gajah Pemberani”.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Utama Permata Bank, Meliza M. Rusli.

“Permata Bank berkomitmen membentuk generasi muda yang cerdas finansial dan peduli lingkungan melalui pembelajaran interaktif dan menyenangkan. Edukasi dinamis ini diharapkan mendorong siswa mengaplikasikan ilmu dalam keseharian mereka, serta memperluas pemahaman terhadap keuangan dan kepedulian lingkungan. Semangat ini sejalan dengan aspirasi Permata Bank, ‘Tumbuh Bersama’ untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna mewujudkan kesejahteraan bangsa,” terangnya.

Bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Kota Surabaya, CERITA diharapkan dapat memberikan dampak signifikan bagi lebih banyak siswa di seluruh Indonesia dan memperkuat upaya inklusi keuangan nasional.

“Kami mengapresiasi upaya Permata Bank untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan di bulan Oktober ini. Di Provinsi Jawa Timur, tabungan simpanan pelajar saat ini tercatat sebanyak 7,4 juta dengan total nominal saldo Rp 1,3 triliun. Dengan adanya kegiatan CERITA dari Permata Bank, kami berharap budaya menabung sejak dini terus meningkat, dan anak-anak juga bisa turut memanfaatkan fitur tabungan dari Bank untuk lebih memudahkan mereka,” tukas Indrawan Nugroho, Analis Senior Bagian Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Jawa Timur.

Sementara itu Dra. Budiarti, Pengawas Sekolah Dasar Kecamatan Wonokromo, Dinas Pendidikan Surabaya mengucapkan terima kasihnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Permata Bank karena telah menyasar sekolah yang memang membutuhkan pembelajaran dan pemahaman terkait literasi finansial. Kami melihat upaya ini tepat dalam meningkatkan semangat anak-anak untuk menabung. Kami berharap upaya dan bantuan yang diberikan Permata Bank bisa bermanfaat dan menjadi bekal anak-anak sampai dewasa nanti,” ungkapnya.

Selain edukasi literasi keuangan dan lingkungan, Permata Bank juga mendukung sekolah melalui perbaikan fasilitas seperti ruang kelas, sarana olahraga, perpustakaan, serta alat bantu ajar untuk pembelajaran offline dan online.

Fasilitas non-ajar ditingkatkan dengan penanaman pohon, pembuatan apotek hidup, dan pengelolaan tempat sampah guna menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan ramah lingkungan.

“Kehadiran CERITA di Surabaya tidak hanya memberikan pemahaman terkait literasi keuangan, namun juga edukasi pengelolaan keuangan yang bijak. Harapannya, mereka tumbuh menjadi agen perubahan yang bijak mengelola keuangan dan peduli lingkungan,” ucap Eddie Sajoga, Director of Branch Network Permata Bank

Program ini juga mendukung inisiatif nasional seperti “Ayo Menabung” dari Bank Indonesia dan gerakan OJK, termasuk Bulan Inklusi Keuangan dan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN).

Hingga tahun 2023, Permata Bank telah memberikan manfaat kepada lebih dari 46 ribu siswa dari 350 sekolah di seluruh Indonesia melalui program CERITA.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait