Libur Lebaran, Kenaikan Trafik Data XL Axiata Tertinggi di Jatim Capai 64%

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, dari 4 hingga 14 April 2024, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data di Jawa Timur sebesar 15% dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Banyuwangi, yaitu mencapai 64%. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini.

“Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan,” ujar Gede. Menurutnya, kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%.

Sementara itu, Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Timur tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran.

“Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” ucap Dodik.

Disebutkan, kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jawa Timur selama periode Lebaran 2024, setelah Banyuwangi sebesar 64%, berikutnya Nganjuk 38%, Sampang 37%, Jember 35%, Bangkalan, 33%, Kediri 25%, Tuban 24%, Malang 24%, Pamekasan 24%, dan Sumenep 16%.

Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Jawa Timur juga mengalami kenaikan trafik antara 30% hingga 205%. Di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut juga naik antara 15% hingga 48%. Dan di sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, rata-rata naik hingga 140%.

Gede menambahkan, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul web browsing 18%, dan social media 15%. “Pada layanan streaming sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim naik rata-rata hingga 135%, YouTube 17%, TikTok 14%, Netflix 42%, dan Spotify 23%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%. Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%.

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa, Jawa Tengah naik 32%, Nusa Tenggara Barat 21%, Lampung 19%, Sumatera Barat 17%, Nanggroe Aceh Darussalam 16%, Jawa Timur 15%, Sumatera Utara 14%, Sumatera Selatan 13%, Jawa Barat 13%, dan Kalimantan Selatan 7%.

Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi Kebumen sebesar 68%, Cilacap 58%, Pemalang 53%, Tasikmalaya 52%, Brebes 50%, Tegal 48%, Pandeglang 47%, Indramayu 39%, Sukabumi 37%, Garut 36%. (Gan)

Teks Foto: Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS di tower seputaran Tol Mojokerto – Jombang, Jawa Timur.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait