Mahasiswa Unair Raih Juara II Lomba Debat Farmasi Nasional

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Tiga mahasiswa Fakultas Farmasi (FF) Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional. Mereka adalah Hansel Alexander, Nurul Fitria, dan Putri Annisa Dewi Maharani.

Ketiga mahasiswa itu sukses meraih juara II lomba debat farmasi Pharmacious 2023 pada Sabtu (21/10/2023).

Diselenggarakan langsung oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), tahun ini lomba tersebut mengusung tema Precision Medicine: Approaching Futuristic Practice for Better Health.

Hansel Alexander selaku ketua tim mengatakan bahwa seleksi lomba tersebut terlebih dahulu berlangsung secara daring. Sebelum melaju ke babak semifinal, ia dan tim harus mengikuti babak penyisihan dengan melawan beberapa tim dari berbagai universitas di Indonesia.

“Babak semifinal merupakan babak yang seru dan sulit karena kami harus berdebat tentang kontroversi legalisasi ganja di Indonesia dan berhadapan dengan sesama tim dari UNAIR yang selama ini menjadi rekan latihan kami,” ujar Hansel.

“Berlanjut ke babak final kami pun berhadapan dengan tim tuan rumah dari UGM. Namun kali ini dengan topik yang futuristik yaitu Whole Genome Sequencing. Akhirnya, kami berhasil mempersembahkan juara II untuk UNAIR di ajang kompetisi debat kefarmasian berskala nasional ini,” lanjutnya.

Berkompetisi di Tengah UTS
Lebih lanjut, mahasiswa asal Pangkalpinang itu mengaku bahwa jalan untuk memperoleh prestasi tersebut tidak selalu mulus. Ia dan tim awalnya sempat merasa ragu untuk menang karena kompetisi bersamaan dengan minggu Ujian Tengah Semester (UTS).

Kendati demikian, mereka sangat senang karena setiap anggota dapat memberikan dukungan satu sama lain untuk memberikan penampilan yang terbaik. Selain itu, prestasi tersebut juga tidak lepas dari kontribusi dosen pembimbing mereka yaitu Andi Hermansyah PhD yang telah melatih mereka selama proses perlombaan.

Terakhir, Hansel berpesan dua hal kepada mahasiswa yang ingin mengikuti lomba debat. Pertama, berani mencoba dan mengambil kesempatan. Kedua, membentuk tim solid yang mana setiap anggotanya dapat berkomitmen untuk berupaya dengan maksimal.

“Lomba debat adalah lomba yang dilakukan secara berkelompok sehingga kerja sama dan komunikasi dalam tim menjadi sangat krusial,” tutupnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait