Mahasiswi PGSD Unesa Cetak Sejarah di Ajang Panahan

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Alifia Syifa Kurniani, mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Angkatan 2023 berhasil menarik perhatian atas prestasinya dalam olahraga bidang panahan.

Ia mulai tertarik mengikuti olahraga panahan sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Ia suka mengeksplor kegiatan-kegiatan seni, akademik (mengikuti olimpiade), hingga olahraga.

Meskipun fisiknya kurang kuat untuk olahraga yang mengeluarkan banyak tenaga, seperti, basket, volley, renang dll. Namun, ia ingin mencobanya merasakan dan menguji fisiknya dengan berolahraga berenang.

Pada akhirnya, orang tua Alifia menyarankan olahraga panahan karena dinilai sesuai dengan dirinya.

Perjalanan Alifia di dunia panahan pun membuahkan hasil. Beberapa penghargaan yang pernah diraih alifia diantaranya, juara 3 tingkat nasional Fornas VI Sumatera Selatan kategori horsebow U-18 putri, Kejuaraan Nasional Gladen Ageng Panahan Tradisional Piala Walikota Surabaya 2022 kategori barebow putri meraih juara 3, Star Java II 2022 kategori Ground putri U-18 juara 3 tingkat Jawa Timur.

Gladen ageng pasuruan 2023 kategori jemparingan umum putri juga meraih juara 3 tingkat provinsi; dan baru-baru ini meraih juara 3 tingkat nasional Festival Majapahit Memanah series 2 2025 kategori umum/endurance putri.

Prestasi-prestasi ini membuktikan bahwa Alifia memiliki bakat dan dedikasi yang tinggi dalam olahraga panahan.

Menjadi seorang atlet panahan dan mahasiswa tentu bukan hal yang mudah. Alifia mengakui bahwa tantangan terbesar yang dihadapi adalah mengatur waktu.

“Latihan 3-4 kali dalam seminggu untuk pemantapan teknik supaya tidak lupa saat tidak ada pertandingan,” ungkapnya.

Namun, ia memiliki cara tersendiri untuk mengatasi hal ini. Alifia selalu memprioritaskan tugas kuliahnya terlebih dahulu, baru kemudian berlatih panahan. Selain itu, cedera dan gangguan pada memori otot juga menjadi kendala yang harus ia hadapi.

“Istirahat sekitar 1-2 hari lalu lanjut lagi besoknya dengan durasi latihan yang dikurangi,” ujar Alifia.

Dalam menjaga stamina terbaiknya, Alifia memperhatikan Kesehatan fisik dan mentalnya.

“Menjaga pola makan, tidur, dan juga minum vitamin”, jelasnya.

Sedangkan dalam menjaga Kesehatan mental Alifia fokus pada tujuanya baik ketika akan berkompetisi maupun kuliahnya,

“Yang terpenting selalu happy biar tidak stress” imbuhnya.

Motivasi Alifia untuk terus berlatih dan berprestasi di bidang panahan ini, yaitu semangat dan pantang menyerah untuk meraih juara 1, karena selama mengikuti kejuaraan Alifia selalu mendapatkan juara 3. Oleh sebab itu, ia ingin meraih juara 1 dalam kejuaraan berikutnya.

Alifia berharap dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Ia mengajak mahasiswa PGSD Unesa untuk tidak takut mencoba hal-hal baru dan berani mengejar mimpi.

“Jangan buang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna,” pesan Alifia.

“Carilah hal-hal yang bermanfaat dan gunakan waktu sebaik mungkin untuk mencetak prestasi.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait