Makan Kacang Tanah, Apa Gunanya

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Bicara soal kacang tanah pasti semua orang suka mulai dari tua sampai muda kaeena enak dan gurih seperti halnya pada Bu Fatimah setelah malam habis makan selsku habisi kacang dua kerinci sampai habis sambil nonton TV bersinetron,tanya apa fungsi makan kaczng tanah dijawab karena suka dan gurih, lain pula tetangga kami Pak Efensi yang doyan camil kacang tanah sampai asam urat tinggi,beda dengan bu Tuti Alawiah yang doyan makan kacang tanah berbagsi jenis kacang sudah dicoba dan njawab ta enak dan gurih.

Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm dengan daun-daun kecil tersusun majemuk.

Kacang tanah adalah tanaman yang memiliki produk utama berupa biji kacang. Orang Indonesia biasanya mengonsumsi biji kacang tanah setelah direbus atau disangrai.Selain bisa dimakan langsung, kacang tanah kini juga banyak tersedia dalam beragam sajian, mulai dari selai, olahan makanan ringan, hingga sambal.

Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda sebagai pengganti lemak jenuh dan lemak trans baik untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.AHA melaporkan bahwa mengonsumsi makanan kaya serat dapat menekan kadar kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2.

KANDUNGAN KACANG TANAH
Kalori 452 kal.,Protein 25,3 g,Lemak 42,8 g,Karbohidrat 21,10 g,Kalsium 58 mg,Fosfor 335 mg,Besi 1,3 mg,Vitamin B1 0,3 mg,Vitamin C 3 mg,Air 4 mg,Serat: 8,5 g

Kacang tanah sangat dekat dengan konsumsi pangan kita sehari-hari. Mulai dari berbagai macam kudapan (snack) kacang rebus, kacang garing, kacang atom, sampai dengan minyak dan tempe kacang. Kacang tanah mengandung bahan-bahan yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh manusia, antara lain:

1. Kaya protein. Dengan kandungan protein 26-28% konsumsi kacang tanah sekali makan (25 g) dapat memberi sumbangan protein 12% dari angka kecukupan gizi (AKG) per hari. Kadar protein kacang tanah lebih tinggi daripada telur, susu, dan daging.

2. Menyimpan energi lebih lama. Kacang tanah mempunyai indeks glisemik rendah. Tenaga yang dihasilkan dari kacang tanah dilepaskan ke sistem peredaran darah secara berangsur-angsur dan stabil. Oleh karena itu kadar gula darah akan naik secara perlahan, sehingga kita merasa kenyang dan bertenaga lebih lama.

3. Serat alami tinggi. Kacang tanah mengandung serat lebih tinggi. Serat makanan berperan penting dalam mengurangi resiko terserang kanker, pengendalian kolesterol, dan kadar gula darah.

4. Mencegah serangan kanker dan penyakit jantung. Kacang tanah mengandung antioksidan (beta-sitosterol dan reversatrol) yang terbukti mampu menekan pertumbuhan kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Bebas kolesterol. Sekitar 82% lemak kacang tanah terdiri atas asam lemak tidak jenuh, terutama asam oleat dan linoleat. Konsumsi kacang tanah dapat membantu menurunkan sintesis kolesterol di dalam tubuh dan mengurangi kadar trigliserida di dalam darah, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh. Kacang tanah juga mengandung kadar arginin tinggi, yaitu asam amino yang berguna untuk mencegah serangan jantung dan kanker, memperkuat kekebalan tubuh, memperkuat perkembangan otot, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi rasa letih dan menyembuhkan impotensi.

7. Membantu mengurangi berat badan. Kacang tanah merupakan sumber tenaga yang lebih baik karena kaya protein, minyak dan karbohidrat. Karena kandungan asam lemak tidak jenuhnya yang tinggi, kacang tanah sering dimanfaatkan sebagai komponen diet untuk mengurangi berat badan, juga untuk diet penderita diabetes. Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang tanah lima kali takaran yang dianjurkan (25 g) atau lebih dalam satu minggu dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes jenis II hingga sepertiganya.

8. Kandungan vitamin dan mineral esensial yang tinggi. Kacang tanah mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh diantaranya : Asam folat, Vitamin E, Niasin, Thiamin (Vitamin B1), Vitamin B6, Riboflavin (Vitamin B2), Tembaga, Fosfor, Magnesium, Besi, Kalium, Seng, Kalsium.

MANFAAT KACANG TANAH
1. Membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh
2. Mencegah kolesterol tinggi
3. Melancarkan pencernaan
4. Menurunkan berat badan
5. Mengelola kadar gula darah
6. Menjaga kesehatan jantung
7. Pencegahan batu empedu
8. Mencegah bayi lahir cacat
9. Mencegah anemia
10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat kacang tanah sangat beragam, karena tingginya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kacang tanah berbeda dengan jenis kacang-kacangan lainnya yang berasal dari pohon atau tress nuts seperti almond, kacang mete, dan kenari.Namun, karena memiliki nutrisi yang hampir sama, semua jenis kacang biasa dikenali sebagai kacang-kacangan. Adanya beberapa nutrisi di dalam kacang tanah, menjadikan ada beragam manfaat kacang tanah yang bisa dirasakan jika dikonsumsi secara tepat dan rutin.Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini berperan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.
Demikian sekilas info tentang manfaat kacang tanah untuk diketahui,
RobertoNews 1278 《26.3.22《07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait