Makan Udang Tinggi Kolesterol ???

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Bicara soal udang dengan masakan berbagai macam antara lain saos asam manis.lada hitam,goreng tepung,udang botok dll akan menimbulkan selera kita bahwa setiap restoran besar dan kecil bahkan warung pinggir jalan pasti tersedia bentuk masakan,namum sebagian orang mengandung udang ti ggi asam urat dan kolesterol,apa ini benar ?

Udang kaya akan beberapa vitamin dan mineral, serta merupakan sumber protein yang baik. Konsumsi udang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin Manfaat udang bagi kesehatan berasal dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, salah satunya berkat kandungan protein yang tinggi. Sebagai boga bahari (seafood) yang cukup populer, udang menawarkan manfaat penting, termasuk mencegah penyakit. Udang merupakan makanan bernutrisi tinggi dan rendah kalori.
Udang juga merupakan salah satu sumber makanan yodium terbaik. Tubuh memerlukan yodium untuk menunjang fungsi tiroid dan kesehatan otak yang baik. Udang juga menjadi sumber asam lemak omega-3.

Menurut American Heart Association (AHA), daging udang rendah kalori dan mengandung kolesterol baik high density lipoprotein (HDL), yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan membersihkan kolesterol dari arteri Mari kita bahas bersama…..!

Udang adalah jenis makanan laut atau seafood yang populer dan memiliki ciri khas yaitu berupa tubuh bersegmentasi, eksoskeleton, sepasang capit, dan kemampuan berenang dengan ekor serta kaki renang khusus.

JENIS JENIS UDANG / CARIDEA
Ada 300 spesies di udang, tapi hanya sebagian kecil yang tersedia secara komersil.
1. Udang putih White shrimp adalah salah satu jenis udang yang paling sering ada di pasar tradisional dan modern.
2. Udang cokelat :Brown shrimp hidup di perairan dangkal yang terlindung dari pantai berlumpur dan berpasir. Rasanya agak lebih asin ketimbang jenis yang putih.
3. Rock shrimp :udang batu memiliki tekstur seperti lobster. Rasanya gurih dan manis. Udang karang atau batu ini jarang ditumis.
4. Pink shrimp ;Jenis yang satu ini biasanya terdapat di dasar pasir atau lumpur karang. Saat tumbuh dan berkembang biak, hewan laut ini bermigrasi ke arah laut ke air yang lebih dalam dan asin.
5. Tiger shrimp Jenis ini memiliki rasa yang lebih kuat ketimbang white shrimp. Selain itu, dagingnya juga lebih keras dan besar. Ukurannya bisa sampai 33 sentimeter (cm) dengan rata-rata besar 22 – 27 cm.
6. Spot shrimp udang spot memiliki rasa manis, lembut, dan teksturnya yang keras.Jenis ini tinggal di sepanjang dasar laut berbatu di kedalaman berkisar antara 40 hinggameter.

KANDUNGAN UDANG
Secara umum, dalam 85 gramnya dapat mengandung nutrisi:
1. Kalori: 84,2.
2. Protein: 20,4 gram.
3. Zat besi: 0,433 miligram.
4. Fosfor: 201 miligram.
5. Kalium: 220 miligram.
6. Zinc: 1,39 miligram.
7. Magnesium: 33,2 miligram.
8. Natrium: 94,4 miligram.

MANFAAT UDANG TERHADAP KESEHATAN
Udang kaya akan beberapa vitamin dan mineral, serta merupakan sumber protein yang baik.
Konsumsi udang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin. Seafood ini juga mengandung sumber vitamin B yang bermanfaat untuk produksi sel darah merah.
1. Mendukung penurunan berat badan; makanan ini juga mengandung sumber protein berkualitas tinggi. Begitu juga rendah kalori dan lemak.
2. Mencegah kanker ;menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Karena itu, memasukkan udang ke dalam diet sehari-hari dapat membantu melindungi tubuh dari potensi risiko kanker.
3. Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh ;Protein merupakan komponen yang diperlukan untuk membentuk sel tubuh. Nutrisi makro ini juga dimanfaatkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim dan hormon.
4. Mengurangi peradangan Astaxanthin berfungsi untuk mencegah tubuh mengalami peradangan dengan cara mencegah radikal bebas merusak sel-sel tubuh. Karena kaitannya dalam mencegah peradangan, antioksidan ini turut berperan dalam mencegah risiko terjadinya penyakit kronis, termasuk serangan jantung maupun penyakit jantung lainnya.
5. Mencegah osteoporosis ;Kalsium dan fosfor merupakan mineral yang identik dengan susu. Padahal, keduanya juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi udang. Bahkan, kandungan kedua mineral ini cukup tinggi dalam udang. Kalsium dan fosfor diketahui berperan penting dalam pertumbuhan serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, manfaat udang yang berasal dari kedua mineral tersebut juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis dan aterosklerosis
6. Membantu membangun otot ;Udang adalah makanan kaya nutrisi rendah kalori. Sebanyak 100 gram udang hanya memiliki 115 kalori dan hanya 1,72 gram lemak.Selain itu, udang juga mengandung banyak zinc dan yodium. Kekurangan dua zat ini terkait dengan makan berlebihan, penambahan berat badan, dan penurunan massa otot.
7. Meningkatkan peremajaan kulit ;Selenium dan vitamin E dalam udang adalah antioksidan alami yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi lingkungan. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.
8. Bermanfaat bagi Kulit ;senyawa astaxanthin memiliki sifat antiinflamasi dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.menurut jurnal ilmiah berjudul Effects of Astaxanthin Supplementation on Skin Health: A Systematic Review of Clinical Studies, suplemen yang mengandung astaxanthin dapat memperbaiki kerusakan kulit
9. Mendukung fungsi kelenjar tiroid; udang adalah sumber berguna dari beberapa mineral, seperti yodium, zinc, dan selenium. Tubuh membutuhkan yodium untuk mendukung fungsi kelenjar tiroid yang benar. Zinc dan selenium mendukung sistem kekebalan tubuh.Udang merupakan salah satu sumber yodium terbaik. Peran mineral ini sangat penting, terutama untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon. Kekurangan yodium dapat memicu terjadinya penyakit gondok.
10. Mencegah penyakit kardiovaskuler aterosklerotik ;dalam mencegah penyakit jantung berasal dari kandungan omega-3. Salah satu jenis minyak sehat atau lemak tak jenuh ganda ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh.Efek ini membuat omega-3 baik dalam mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 secara rutin, risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, pun dapat berkurang. Menurut studi terbit di journal MDPI Potential Anti-Atherosclerotic Properties of Astaxanthin udang kaya dengan astaxanthin.astaxanthin dapat mencegah penyakit kardiovaskular aterosklerotik. Senyawa ini dapat menghambat LDL (Low-density lipoprotein) dan meningkatkan HDL (HDL-High Density Lipoprotein).

KESIMPULAN BAHWA :
1. Udang memiliki kandungan vitamin D dan zat besi yang meningkatkan leptin dalam tubuh. Hormon leptin dapat menurunkan rasa lapar dan nafsu makan. Kandungan yodium yang tinggi pada udang juga dapat mendukung fungsi kelenjar tiroid.
2. Udang kaya akan beberapa vitamin dan mineral, serta merupakan sumber protein yang baik. Konsumsi udang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin.
3. Menurut American Heart Association (AHA), daging udang rendah kalori dan mengandung kolesterol baik high density lipoprotein (HDL), yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan membersihkan kolesterol dari arteri
4. Udang kaya akan beberapa vitamin dan mineral, serta merupakan sumber protein yang baik. Konsumsi udang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin
5. Manfaat udang bagi kesehatan berasal dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, salah satunya berkat kandungan protein yang tinggi. Sebagai boga bahari (seafood) yang cukup populer, udang menawarkan manfaat penting, termasuk mencegah penyakit. Udang merupakan makanan bernutrisi tinggi dan rendah kalori.
Negara kita adalah negara kelautan udang bisa diambil dimana mana,jangan sempat kita kekurangan gizi protein.semoga tul8s singkat ini bermanfaat bagi kita,terimakasih.
RobertoNews 1837《9.9.24(06.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait