Makanan Vegetarian Untuk Apa?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
DI era modernisasi, berbagai penyakit timbul karena faktor makan terutama koleterol tinggi,garam tinggi, makanan penuh dengan gula yang manis sehingga mencetus berbagai
Penyak8t seperti Diabetes, Hipertensi,Asam Lambung tinggi dan lain lain,maka membuat
Orang ke makanan vegetarian yang bebas dari lemak dan kolesterol lainnya.Tak salah keluarga Pak Iman Syafii 73 sekeluarga makan vegetarian, Apa itu makanan vegetarian, anda pingin mengetahui, mari kita bahas……..!

Vegetarian adalah gaya hidup dengan menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, daging kambing, daging babi, daging unggas, dan makanan laut, seperti ikan dan kerang-kerangan. Pola makan atau diet vegetarian terdiri dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Orang yang menjalani pola makan ini juga bisa mengonsumsi jamur, seperti jamur portobello.
Vegetarian adalah salah satu pola makan populer yang diterapkan oleh banyak orang. Sebagian besar berpendapat bahwa orang yang menerapkan vegetarian hanya boleh mengonsumsi makanan berbasis nabati dan menghindari produk hewani.

PERBEDAAN VEGAN & VEGETARIAN
Vegetarian dan vegan merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan vegan dan vegetarian terdapat pada batasannya.
1. Vegan adalah salah satu jenis vegetarian yang ketat, di mana penganutnya sama sekali tidak mengonsumsi sumber hewani, bahkan menghindari produk apa pun yang berasal dari hewan atau diujicobakan ke hewan.
2. Vegetarian adalah pola makan yang mengutamakan sumber makanan nabati, namun tidak sepenuhnya melarang penganutnya mengonsumsi sumber hewani.
3. Vegetarian adalah pola makan yang menggunakan sumber makanan nabati sebagai asupan utama dalam menu harian.bukan berarti seorang vegetarian tidak dapat mengonsumsi sumber makanan hewani. Batasan pola makan tersebut bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis diet vegetarian yang diterapkan.

JENIS VEGETARIAN :
1. Lacto-vegetarian: Jenis vegetarian yang masih memperbolehkan mengonsumsi produk olahan susu, seperti yoghurt, keju, dan lain-lain.

1. Ovo-vegetarian: Jenis vegetarian yang menghindari daging dan produk susu, namun masih boleh mengonsumsi telur.

1. Lacto-ovo vegetarian: Kombinasi dari lacto dan ovo vegetarian, artinya orang yang menjalani jenis diet ini diperbolehkan mengonsumsi produk olahan susu dan telur. Namun, tetap harus menghindari daging.

1. Pescatarian: Pola makan vegetarian ini tidak memperbolehkan mengonsumsi daging, telur, dan produk olahan susu, namun boleh makan makanan laut.

1. Flexitarian: Jenis diet vegetarian ini memperbolehkan orang yang menjalaninya mengonsumsi produk hewani namun di saat-saat tertentu. Diet ini biasanya dilakukan oleh orang yang baru beralih ke pola makan vegetarian sehingga masih membutuhkan penyesuaian secara bertahap.

Manfaat Vegetarian
1. menurunkan berat badan.
2. Mencegah penyakit jantung.
3. Mengurangi risiko diabetes.
4. Menurunkan tekanan darah.
5. Menurunkan risiko terkena kanker.
6. Melancarkan sistem pencernaan.
7. Menjaga berat badan ideal.

Risiko Vegetarian
1. Kekurangan vitamin B12 dan D.
2. Kekurangan protein.
3. Kekurangan asam lemak omega-3.
4. Kekurangan zat besi.
5. Kekurangan kalsium.

Beberapa menu yang wajib dikomsumsi oleh vegetarian antara lain:
1. Bendasarkan makanan pada kentang, roti, nasi, pasta, dan karbohidrat bertepung lainnya. Pilihlah varietas gandum utuh jika memungkinkan.
2. Konsumsi beberapa alternatif produk susu rendah lemak dan rendah gula.
3. Konsumsi kacang-kacangan dan sumber protein lainnya.
4. Memilih minyak tak jenuh dalam jumlah kecil.
5. Minum kurang lebih 2 liter air per hari agar tetap terhidrasi.

Demikian sekilas info singkat vegan dan vegetarian untuk diketahui, terimakasih
RobertoNews 1809《11.7.24(06.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatn

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait