Manfaat Buah Delima .?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Di suatu senja saya ke rumah psk jurian saya disungguhi mskan buah dekima 1 piring,kami mulai satu persatu habisi dan terasa enak,mereka bilang u tuk jaga jantung dan obesitas,namum untuk keluarga Bayu mereka makan buah Dekima adalah untuk mencegsh jantung dan darah tinggi, sebenar buah Delima untuk apa? Mari kita bahas!

Buah dengan nama latin Punica granatum ini merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah delima diketahui mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K.Buah delima juga mengandung beraneka mineral, di antaranya kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol, termasuk kantosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga relatif aman untuk dikonsumsi tiap hari.

Buah dengan warna merah yang khas ini memang cukup merepotkan saat mengupas kulitnya. Meski begitu, Anda mungkin tak ingin melewatkan buah ini jika mengetahui segudang khasiatnya. Apa saja, sih, manfaat dan kandungan gizi buah delima?Buah ini kemudian dibudidayakan di Timur Tengah dan telah tersebar hingga Iran, Afghanistan, India Timur, China, hingga Amerika Serikat.m uah delima atau Punica granatum c dari Asia Tengah.
Mirip seperti buah stroberi, buah delima kaya akan vitamin C, antioksidan, serat, dan agen antiradang.Walaupun mengonsumsi delima membutuhkan perjuangan, karena bijinya banyak, tubuh kita butuh keistimewaan buah ini. Soalnya, delima memiliki sifat antioksidan, antivirus, dan antitumor.Tak hanya itu, delima juga bisa dikatakan sebagai sumber vitamin yang sangat baik. Terutama vitamin A, C, dan E, serta asam folat. Buah yang menakjubkan ini terdiri dari tiga kali lebih banyak antioksidan seperti wine atau green tea.

Kandungan gizi buah delima Air: 77,93 gram (g),Energi: 83000 kalori (Kal)Protein: 1,67 g,Lemak: 1,17 g,Karbohidrat: 18,7 g,Serat: 4 g,Gula: 13,67 g,Kalsium (Ca): 10 miligram (mg) Zat besi (Fe): 0,3 mg,Magnesium (Mg): 12 mg Fosfor (P): 36 mg,Kalium (K): 236 mg, Sodium (Na): 3 mg, Zinc (Zn): 0,35 mg, Tembaga (Cu): 0,158 mg Selenium (Se): 0,5 µg,Vitamin C: 10,2 mg,Thiamin: 0,067 mg,Riboflavin: 0,053 mg,Niacin: 0,293 mg,Vitamin B-6 0,075 mg, Folat: 38 µg.Vitamin E: 0,6 mg,Vitamin K: 16,4 µg Asam lemak: 0,12 g

MANFAAT BUAH DELIMA
1. Meringankan arthritis dan nyeri persendian
2. Menurunkan tekanan darah
3. Meningkatkan kekebalan tubuh
4. Mencegah penyakit jantung
5. Mencegah kanker
6. Mengurangi kolesterol jahat
7. Mengurangi risiko penyakit radang
8. Dapat membantu menurunkan berat badan
9. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
10. Mencegah bayi lahir cacad
11. Menjaga kesehatan otot
12. Mencegah dehidrasi
13. Membuat kulit lebih lembap
14. Meregenerasi kulit
15. Mengurangi tanda penuaan dini
16. Mengatasi jerawat
17. Memicu produksi kolagen

Mengkonsumsi buah delima tidak boleh sembarangan agar kandungan nutrisi dalam buah ini tidak hilang. Delima sebaiknya dikonsumsi dengan cara menghancurkan bijinya menggunakan blender.Bagi ibu hamil, sebaiknya mengkonsumsi delima dalam bentuk perasan atau jus dalam jumlah yang wajar. Sebab banyak mengkonsumsi buah ini juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.

Buah delima atau Punka granatum L. adalah perdu semak yang banyak tumbuh di daerah yang memiliki iklim sejuk. Buah ini memiliki ciri biji sangat banyak berbentuk bulat yang dilapisi daging berwarna merah. Kulit buah ini keras berwarna kuning hingga merah tua.Tanaman delima biasanya di tumbuhkan sebagai tanaman hias di halaman rumah atau kebun. Buah ini dapat dimakan langsung atau diolah menjadi obat.

setidaknya ada empat jenis delima dengan ciri yang berbeda.Delima putih: memiliki bunga berwarna putih, daging berwarna pucat, kulit putih, dan kulit biji putih.
1. Delima merah: bunga berwarna merah, daging buah memiliki warna merah tua, dan kulit yang juga berwarna merah.
2. Delima susu wantah: bunga berwarna merah dan kulitnya sepat seperti teh cair.
3. Delima hitam: bunga memiliki warna merah dan kulit berwarna ungu tua.

Punicalagins adalah antioksidan yang sangat kuat yang ditemukan dalam jus dan kulit buah delima.Kandungan antioksidannya itu 3 kali lipat lebih tinggi dari pada anggur merah dan teh hijau.Kulit buah delima yang kaya punicalagin biasanya beredar dalam bentuk ekstrak dan bubuk.
Asam punicic merupakan asam lemak utama dalam minyak biji delima.Asam punicic adalah jenis asam linoleat terkonjugasi dengan manfaat untuk mengatasi penyakit, seperti peradangan, hiperlipidemia (kolesterol tinggi), dan nefrotoksisitas (toksisitas pada ginjal).
Demikian sekilas info tentang buah Delima agar bermanfaat.
RobertoNews 1267 《13.3.22(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait