Manfaat Cuka Apel Terhadap Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Dewasa ini lagi trend para ibu ibu berpacu dalam minum cuka Apel tiap sarapan pagi seperti Bu Wiwien 26 tahun tiap bulan datang haid nyeri perut, setelah komsumsi cuka apel gejala ini hilang tanpa kedokter kandungan,Bu Shintia 36 tahun rambut suka rontok ,minum cuka apel rambut jarang rontok begitu Pak Hamine yang punyakit Gerd suka sendawan setelah minum cuka Apel hilang sendawa bahkan Bu Tuti 56th,Penyakit Gula dan Kolestetol terkendali karena minum cuka Apel.Apakah cuka Apel obat dewa yang bisa sembuh berbagai penyakit, mari kita bahas……!

Cuka apel dapat dikonsumsi secara langsung dengan dicampurkan ke dalam air putih atau jus. Selain itu juga dapat menambahkan cuka apel ke dalam salad, saus, atau sup.Manfaat cuka apel untuk wanita cukup beragam, mulai dari meredakan nyeri haid, hingga menyehatkan rambut dan kulit. Manfaat cuka apel bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi cuka apel atau mengoleskannya ke tubuh dan rambut.

APA ITU CUKA APEL :
“Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai budaya sebagai obat tradisional dan bahan dapur. Cuka apel dikenal karena sifat penyembuhan dan manfaat kesehatannya yang luas. Saat ini, cuka apel menjadi sorotan karena tidak hanya dapat digunakan untuk mengobati penyakit, cuka apel juga dapat digunakan sebagai kecantikan.

Cuka apel dihasilkan melalui proses fermentasi jus apel dengan menggunakan ragi dan mikroorganisme. Proses ini membentuk kandungan gula menjadi alkohol, yang kemudian berubah menjadi asam asetat. Kandungan asam asetat ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Jangan mengonsumsi lebih dari 2 sendok makan cuka apel dalam sehari. Tidak ada aturan khusus mengenai waktu yang tepat untuk mengonsumsi cuka apel, tapi beberapa orang mengonsumsi produk ini pada pagi hari atau sebelum makan.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cuka sari apel secara oral hingga 12 minggu aman. Itu pun hanya bisa dikonsumsi dalam jumlah sedang, tidak lebih dari 1 hingga 2 sendok makan setiap hari, seperti yang dikutip dari Everyday Health

Penelitian Hadi, dkk. (2021) dalam BMC Complementary Medicine and Therapies. Cuka apel terbukti dapat mengobati jerawat dan menyamarkan jaringan parut. Asupan cuka apel dapat menurunkan glukosa, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL-C), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL-C).
Komposisi cuka apel dalam 100 gr tdd:
Kalori (kcal) 21
Jumlah Lemak 0 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 5 mg
Kalium 73 mg
Jumlah Karbohidrat 0,9 g
Serat pangan 0 g
Gula 0,4 g
Protein 0 g
Vitamin C 0 mg
Zat besi 0,2 mg
Vitamin B6 0 mg
Magnesium 5 mg
Kalsium 7 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B12 0 µg

MANFAAT ASAM CUKA PADA WANITA
Asam asetat yang terdapat dalam cuka apel merupakan bahan aktif yang punya banyak manfaat.cuka ini juga mengandung berbagai mineral serta antioksidan.

1. Meringankan gejala sindrom pramenstruasi : cuka apel juga bisa membantu mengontrol kadar hormon agar tetap stabil, sehingga bisa meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS), seperti perut kembung dan kram perut.

2. Menurunkan berat badan :Cuka apel rendah akan kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi jika kamu ingin diet defisit kalori. Selain itu, cuka apel juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa mengurangi jaringan lemak berlebih yang menumpuk di tubuh.

3. Menghilangkan bau badan :Cuka apel memiliki efek antibakteri yang bisa membasmi kuman penyebab bau badan. Selain itu, cuka apel juga dapat menjaga keseimbangan pH kulit dan ketiak sehingga bau badan bisa berkurang.

4. Mengontrol kadar gula darah :Cuka apel mengandung antioksidan yang bisa membantu insulin bekerja lebih efektif dalam mengontrol kadar gula darah. Ketika insulin bekerja dengan optimal, sel-sel tubuh pun bisa menggunakan gula darah dengan baik sebagai sumber energi.

5. Mencegah tekanan darah tinggi :Cuka apel yang tinggi antioksidan dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol,sementara pada ibu hamil, cuka apel dianggap baik untuk mencegah komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia.

6. Membantu meredakan gejala PCOS adalah gangguan hormon pada wanita yang bisa disebabkan oleh tingginya kadar hormon insulin.membuat tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon androgen dan membuat kista ovarium mudah terbentuk. Kondisi ini bisa membuat siklus menstruasi jadi tidak teratur dan mengganggu kesuburan.

7. Mencegah infeksi saluran kemih wanita umumnya lebih rentan terkena infeksi saluran kemih (ISK). Nah, untuk mengatasi, para wanita bisa coba minum campuran air dengan cuka sari apel. Minuman ini bisa merangsang tubuh untuk lebih banyak buang air kecil sehingga kuman penyebab ISK bisa dibuang keluar tubuh.

8. Menyehatkan rambut :Kandungan asam asetat dalam cuka apel bisa mengatasi masalah rambut kering dan mengembang. Soalnya, asam ini bisa menyeimbangkan pH rambut yang pas agar kondisi rambut tetap bagus.

9. Menjaga skin barrier, asam asetat dalam cuka apel juga bisa menyeimbangkan pH alami kulit dan mengatasi kulit kering.

10. Membersihkan kulit :Campuran air bersih dan cuka apel bisa digunakan untuk membersihkan kulit, lho. Larutan ini juga bisa dipakai sebagai bahan untuk double cleansing. Manfaat cuka apel untuk wanita ini berasal dari kandungan antibakteri sekaligus efek asamnya yang bisa mengangkat debu dan sebum di kulit.
Saudara,rupanya cuka apel ini banyak manfaat buat kita,semoga bermanfaat guna.
RobertoNews 1855《21.10.24(06.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait