Manfaat Minum Air Hangat ?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Nenek kami selalu berpesan bahwa : ” cucuku ! Minumlah air putih banyak setiap hari agar gampang kebelakang dan badan sehat”Hal ini benar setiap orang perlu minum air yang cukup setiap harinya. Hal ini dapat membantu mendukung kesehatan kamu, mulai dari kesehatan pencernaan, kulit, otot, hingga sendi. Sebagaimana lazimnya setiap bangun pagi saya harus minum 2 gelas air matang yang hangat sebelum jalan kaki pagi& waktu mau tidur satu gelas belum tiap waktu makan atau olahraga pokoknya ada 8 gelas kencing lancar dan badan segar.namum bagi penderita gagal ginjal minuman ini harus dibatasi, tak heran banyak pertanyaan dari pasienku bertanya: ” mana yang bagus minum air dingin or air hangat ” mari kita bahas !

Tubuh akan kehilangan cairan saat beraktivitas, melalui pembuangan urine dan kotoran, dan melalui uap yang keluar tiap mengembuskan napas serta dari pori-pori kulit. Oleh karena itu, konsumsi air hangat ataupun air dingin diperlukan untuk mengganti cairan yang hilang agar metabolisme tubuh dapat tetap bekerja dengan lancar.

Air hangat dapat membantu melonggarkan saluran pencernaan dan merangsang gerakan usus, yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ini dapat membantu mencegah sembelit atau masalah pencernaan lainnya. Minum air hangat saat perut kosong di pagi hari dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan zat berbahaya

Minum air hangat setiap hari karena selain memiliki banyak manfaat, juga dapat membantu mencukupi asupan cairan tubuh. Rata-rata setiap orang dewasa memerlukan 6-8 gelas air setiap hari.tub7h membutuhkan air 2000-2500cc sehari dan keluar antara 1500-2000 cc melalui urine Minum air hangat dapat melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat Anda menjadi lebih rileks serta meringankan tingkat stres dan rasa cemas. Bahkan, mandi atau minum air hangat dapat membantu Anda agar tidur lebih nyenyak.

MANFAAT AIR HANGAT TERHADAP KESEHATAN
1. Membersihkan saluran pencernaan
Minum air hangat yang dicampur garam tanpa yodium disebut dapat membantu proses pembuangan racun (detoksifikasi tubuh). Air campuran ini diduga memiliki efek laksatif yang bisa membuat tubuh lebih cepat buang air besar.
2. Medakan Iritasi pada Radang Tenggorokan
Dengan minum air hangat, maka akan melancarkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan.
3. Menangani Hidung TersumbatMembantu melegakan pernapasan saat sedang flu. Hal ini karena air hangat menghasilkan uap yang bisa membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.
4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Hal ini diperkuat dengan salah satu hasil studi di PubMed yang menyatakan bahwa beralih dari air dingin ke air panas dapat membantu orang menurunkan berat badan melalui efek termal ini.
5. Mengurangi Racun dalam Tubuh
Minum air hangat meningkatkan suhu internal tubuh dan mengaktifkan sistem endokrin, sehingga tubuh mulai berkeringat. Berkeringat membantu tubuhmu untuk mengeluarkan racun, selain dikeluarkan melalui urine.
6. Mengatasi Sembelit
Salah satu manfaat minum air hangat untuk kesehatan adalah dapat meringankan sembelit.dapat terjadi akibat kurangnya air di dalam tubuh sehingga tidak ada pergerakan usus.
7. Menyurutkan Stres
Manfaat minum air hangat adalah meningkatkan fungsi sistem saraf. Semakin baik fungsi sistem saraf, semakin baik mereka bereaksi terhadap rasa stres dan kecemasan.
8. Memperbaiki Mood
Minum air hangat sebelum tidur bisa membantu memperbaiki mood. Tubuh akan menjadi lebih rileks dan stres dapat berkurang.
9. Membuat Awet Muda
Membantu memperbaiki sel-sel, meningkatkan produksi elastan dan kolagen, dan meningkatkan kualitas kulit secara keseluruhan.
10. Menghilangkan Rasa Nyeri
Rasa hangat dari air hangat dipercaya dapat membuat otot-otot lebih rileks. Karena itu, air hangat dianggap bisa meredakan rasa nyeri akibat kram perut. Tentu saja ini menguntungkan bagi kamu yang sering mengalami nyeri perut.
11. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf
Dibuktikan dalam suatu penelitian bahwa mengonsumsi air yang cukup dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat.
12. Meringankan Gejala Akalasia
Akalasia adalah kondisi di mana seseorang sulit untuk menelan sehingga makanan sering tersangkut di kerongkongan. Ini bisa menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman setelah makan.
13. Mendukung Kesehatan Gigi
Air hangat dianggap lebih baik untuk gigi dan restorasi, serta lebih mudah diserap. Hal ini karena bahan pengisi berwarna putih dapat berkontraksi jika terkena air dingin, sehingga menyebabkan tambalan terlepas dari gigi.
14. Meredakan Nyeri Haid
Minum air hangat dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, karena panas dari air akan membuat otot lebih rileks.
15. Menumbuhkan Rambut
Minum air hangat dapat membuat akar rambut menjadi lebih aktif dalam pertumbuhannya.

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari
1. Meningkatkan Sirkulasi Darah. …
2. Menyehatkan Saraf. …
3. Mengatasi Sembelit. …
4. Membantu Menurunkan Berat Badan. …
5. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal. …
6. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi. …
7. Mengurangi Gejala Akalasia Esofagus. …
8. Menyehatkan Kulit dan Rambut.

Kesimpulan bahwa
Manfaat minum air putih hangat. Bahwa air putih memiliki manfaat yang sangat luar biasa, terutama untuk kesehatan tubuh kita manfaat dari air putih ini akan semakin bertambah, jika air putih yang kita minum adalah air putih hangat.Bukan hanya bermanfaat dalam menghangatkan tubuh, karena air putih hangat juga masih memiliki manfaat lainnya yang sangat luar biasa seperti kami tulis diatas. Cobalah untuk minum air hangat setiap hari karena selain memiliki banyak manfaat, juga dapat membantu mencukupi asupan cairan tubuh. Rata-rata setiap orang dewasa memerlukan 6-8 gelas air setiap hari

Demik8an ulasan singkat minum air hangat tiap hari ini penting sekali, semoga bermanfaat
guna bagi kita.terimakasih.
RobertoNews 1824《 8.8.24 (06.25)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait