Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

  • Whatsapp

beritalima.com – Mengikutsertakan diri dalam kegiatan organisasi merupakan hal yang menarik. Mulai dari OSIS, karang taruna, remaja masjid, dsb. Lalu, bagaimana organisasi di tempat kuliah?

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang memiliki tujuan sama. Maka, dengan adanya tujuan itu, memaksa anggotanya untuk bekerja sama. Selain itu, organisasi juga wadah untuk mengembangkan potensi diri. Nyatanya, berorganisasi memberikan banyak manfaat yang tidak bisa dapatkan hanya dengan kuliah.

Beberapa manfaat mengikuti organisasi, yakni

1. Melatih interaksi dengan berbagai kalangan
Berada dalam arena perkuliahan, menghadapkan kita dengan berbagai macam kalangan. Mulai dari teman kelas hingga direktorat. Kalangan yang kompleks itu menjadikan kita harus mampu menyesuaikan bagaimana cara berinteraksi dan bersosialisasi yang baik.

2. Melatih mental dan kemampuan menyelesaikan masalah
Bekerja dengan beragam karakter anggota, membuat kita harus meredam ego dan mementingkan keperluan anggota lain. Mengikuti organisasi kuliah juga berarti harus menambah beban bagi mahasiswa, selain mengerjakan tugas mata kuliah. Apalagi jika terjadi suatu masalah, anggota organisasi harus mampu mencari jalan keluar yang baik dan minim risiko.

3. Nilai lebih untuk mendaftar kerja
Banyak perusahaan saat ini menanyakan kegiatan organisasi kita saat kuliah. Karena bagi mereka, organisasi menjadi cerminan dan latihan sebelum memasuki dunia kerja. Menyukai tantangan, bekerja sama, kemampuan berinteraksi merupakan partikel-partikel yang sangat dibutuhkan dalam bekerja.

Dilihat dari manfaatnya, banyak hal yang kita dapat dalam mengikuti organisasi. Namun, harus diingat pula bahwa nilai kuliah juga tidak kalah penting. Jangan sampai nilai kita mengalami penurunan secara terus-menerus. Maka, merupakan kewajiban bagi seorang mahasiswa yang ikut organisasi membagi waktunya sebaik mungkin.

Tri Puspita Ramadhani Irianto
Politeknik Negeri Jakarta

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *