Manfaat Pisang Terhadap Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Indonesia terletak di bumi khatulistiwa yang tumbuh subur pisang dimana mana dan untuk mendapatkan buah pisang sangat mudah dan murah seperti di halaman rumah Pak Satiman
tumbuh subur penuh pisang tinggal petik aja. Begitu saya setiap kali habis makan pasti makan 1 pisang sehari 3 x membuat saya lancar kebelakang, untuk ibu ibu kadang pisang dibuat jadi kolak, pisang goreng ,pisang molen, pisang nogosari.pisang keju, pisang coklat.kripit pisang palubutung pisang ijo Makasar dan lain lain sebagai komsumsi camilan di siang atau sore hari.

Buah pisang menawarkan berbagai manfaat kesehatan penting bagi pria, terutama karena kandungan nutrisinya yang kaya. Kalium dalam pisang berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Seratnya membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit

Sering orang bertanya Apakah pisang merupakan makanan sehat untuk penderita DM?
Pisang memang mengandung karbohidrat dan gula, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, karbohidrat dalam pisang adalah pati resisten, yang mirip dengan serat, dan melepaskan lebih sedikit glukosa ke dalam aliran darah.dan aman untuk Diabetes dengan komsumsi dikit. Kandungan kaliumnya juga membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare. Makan pisang juga bisa meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil.

Makan pisang sebelum tidur dapat memberikan sensasi kenyang yang nyaman tanpa membuat perut terlalu penuh. Ini dapat membantu mencegah Anda terbangun karena lapar di tengah malam dan mempertahankan tidur yang lebih nyenyak.Pisang menjadi makanan yang populer dikonsumsi. Jadi camilan atau menu sarapan. Namun, apakah aman mengonsumsi pisang setiap hari? Pisang merupakan jenis buah yg mengandung beberapa nutrisi penting. Mengonsumsinya setiap hari sangat umum dilakukan. Apakah bisa dikomsumsi setiap hari?

Menurut laporan majalah Delish seorang ahli diet Lauren Manaker menjelaskan tentang mengonsumsi pisang. USDA menjelaskan bahwa 1 buah pisang (118 gram) mengandung:
1. memiliki sekitar 105 kalori,
2. 27 karbohidrat,
3. 14 gram gula,
4. 5 gram serat,
5. 422 miligram potasium.
6. Vitamin C, B6,
7. Elektrolit. magnesium, natrium, dan kalium.

Pisang diketahui juga mengandung beberapa nutrisi baik, seperti vitamin C, B6, dan elektrolit. Termasuk magnesium, natrium, dan kalium. Manaker menjelaskan bahwa setiap orang boleh mengonsumsi pisang setiap hari. Bahkan, bisa menjadi kebiasaan yang baik dilakukan.

MANFAAT PISANG UNTUK KESEHATAN
1. Tekanan Darah Stabil Penelitian di Hypertension Institute, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kalium berperan penting dalam mengelola tekanan darah yang sehat. Karena itu, makan pisang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah.
2. Menjaga Kesehatan Ginjal Kandungan kalium dalam pisang dinilai baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Faktanya, seorang wanita yang mengonsumsi 2-3 buah pisang dalam seminggu memiliki risiko penyakit ginjal 33 persen lebih rendah.
3. Mengontrol Gula Darah Pisang memiliki kadar indeks glikemik rendah. Ini artinya, gula alami dari pisang akan dilepas secara perlahan ke dalam darah. Dengan begitu, mengontrol kadar gula darah dan mencegahnya mendadak tinggi pun menjadi salah satu khasiat pisang.
4. Kenyang Lebih Lama Manfaat makan pisang selanjutnya adalah membuat Anda kenyang lebih lama. Ini diperoleh dari kandungan serat di dalam pisang yg dapat memperlambat pengosongan lambung.
5. Menurunkan Berat Badan Manfaat buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan mungkin sudah diketahui banyak orang. Kandungan serat yang tinggi dalam pisang akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga dapat mengendalikan nafsu makan.
6. Menghalau Penuaan Dini Karena satu buah pisang mengandung vitamin C dan B6, yang merupakan antioksidan sehingga dapat menolong kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.
7. Memelihara Kesehatan Mata Vitamin A dan C merupakan gizi penting bagi mata maupun kulit.
8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan karena kandungan prebiotik dalam buah pisang.Prebiotik adalah ‘makanan’ untuk bakteri baik dalam usus yang bersumber dari karbohidrat kompleks dalam pisang, yaitu fruktooligosakarida
9. Membantu Detoksifikasi untuk detoksifikasi alias mengeluarkan racun dari tubuh. Ini karena kandungan pektin yang ada dalam pisang. Menurut studi dari Forsch Komplementärmed, kandungan pektin dalam pisang terbukti dapat membuang kandungan merkuri melalui urine.
10. Baik untuk Kesehatan Tulang Menurut studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, prebiotik fruktooligosakarida yg yerkandung dalam pisang akan terfermentasi dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan penyerapan kalsium.
11. Mencegah Kecemasan Asam amino triptofan dalam pisang merupakan bahan pembuat hormon serotonin, yang berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Serotonin terkenal sebagai hormon yang berperan dalam perasaan tenang sehingga membantu mencegah kecemasan.
12. Mewujudkan Tidur yang Berkualitas Tritopan ada dalam pisang merupakan bahan pembuat hormon melatonin. Hormon ini berperan dalam menciptakan perasaan rileks dan mengatur pola tidur.
13. Mengurangi Kram Saat Olahraga Pisang sering dijadikan buah pilihan bagi para atlet. Ini karena buah pisang kaya akan gizi dan dapat menjadi sumber energi yang baik. Manfaat lain dari pisang bagi para atlet adalah dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit, sehingga bisa menurunkan risiko kram saat olahraga.
14. Mendukung Kesehatan Jantung Kandungan kalium (potasium) dan magnesium di dalam pisang merupakan dua jenis mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda.
15. Sumber Antioksidan Antioksidan yang terkandung di dalam pisang, yaitu dopamin dan katekin. Keduanya diketahui memiliki manfaat besar bagi kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif (akibat penuaan).
16. Menghindari Kambuhnya Asma Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa pisang dapat bermanfaat untuk mencegah wheezing pada anak dengan asma. Itu karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalam pisang.
17. Mencegah Kanker karena mengadung Lectin, salah satu kandungan antioksidan di dalam pisang, diduga berperan dalam pencegahan pertumbuhan sel leukemia.
18. Meningkatkan Daya Ingat Pisang mengandung triptofan, salah satu jenis asam amino yang berperan besar dalam menjaga kesehatan memori. Oleh karena itu, pisang dapat bermanfaat untuk menjaga daya ingat seseorang.
19. Mengatasi Nyeri Haid pisang kaya akan vitamin B6, mampu menurunkan gejala sindrom premenstruasi. Manfaat buah pisang ini dikemukakan National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements.
20. Mencegah sembelit pisang merupakan sumber probiotik sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Sebuah studi menunjukkan bahwa probiotik dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik.
21. Mencegah serangan jantung Kalium juga berperan dalam menjaga kestabilan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium ini menjadikan manfaat pisang sebagai buah yang mampu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
22. Menurunkan berat badan Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan.
23. Meredakan tukak lambung Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung sehingga bisa dikonsumsi untuk mengatasi nyeri akibat tukak lambung.
24. Mengurangi risiko terjadinya batu ginjal Kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu tercukupi asupan kaliumnya memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.
25. Mencegah terjadinya kanker senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas. Hal ini tentunya dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker.
26. Mengurangi mual saat hamil Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sedangkan kandungan kaliumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.
27. Sebagai sumber energi. pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh untuk melakukan aktivitas.
Dari kesekian banyak manfaat pisang terhadap kesehatan kita dapat kami simpulkan :
Manfaat pisang untuk wanita
1. Mengatur siklus menstruasi.
2. Menjaga kesehatan tulang.
3. Mengurangi mual dan muntah saat hamil.
4. Meningkatkan kesehatan kulit.
5. Sumber energi.
6. Meningkatkan suasana hati.
7. Mendukung kesehatan pencernaan.

MANFAAT PISANG BAGI LAKI LAKI
1. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A. (Buah pisang kaya akan vitamin dan serat.)
2. Pisang Perlancar Metabolisme.
3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh. …
4. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak. …
5. Mengatasi Anemia. …
6. Menurunkan Berat Badan. …
7. Menyehatkan Tulang. …
8. Pisang sebagai “Mood Food”

Manaker juga merekomendasikan masyarakat untuk mengkombinasikan dengan buah dan sayuran lain. “Meskipun makan pisang setiap hari tidak buruk bagi banyak orang, mungkin lebih bermanfaat jika makan buah-buahan yg berbeda,dengan pisang sebagai alternatifnya ”
Sarannya
Demikian ulasan secara konfrenhensip serba serbi pisang bagi kesehatan kita dibandingkan komsumsi tanaman kecubung yang membawa hadil negatif terhadap tubuh kita, semoga menambah wawasan baru dari pisang ini, terimakasih
RobertoNews 1820《 29.7.24(06.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait