Mari Mengenal Lebih Dekat Tentang Imun ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Sejak pandemi covid-19 hampir tiap hari mendengar kata ‘ IMUM’ Tapi kita sama sekali tak paham artinya imun apakah sesuatu kekebalan ? Seperti selalu orang bilang anda sudah divaksinasi maka imummu akam tumbuh naik tinggi dan akan bebas dari penyakit. imunitas atau kekebalan adalah kemampuan organisme multisel untuk melawan mikroorganisme berbahaya atau pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Kekebalan melibatkan komponen spesifik dan nonspesifik. .
Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia. Tanpa sistem imun, tubuh akan rentan terkena serangan kuman, parasit, atau virus. Sistem imun juga lah yang berperan melawan serangan berbagai jenis patogen, sehingga tubuh Anda tetap berada dalam kondisi sehat. Lantas, bagaimana cara kerja sistem kekebalan tubuh manusia dalam menangkal serangan patogen? Apa yang terjadi bila sistem penting tersebut tidak berfungsi dengan baik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Tubuh memang dirancang untuk tidak mudah terserang penyakit karena masing-masing individu memiliki sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh alias sistem imun merupakan sistem yang bekerja untuk melindungi tubuh dari berbagai hal yang bisa menyebabkan tubuh mengalami sakit. Tetapi bagaimana dengan sistem tubuh yang dimiliki anak? Kenapa anak lebih rentan terkena penyakit? Ataukah mereka memiliki sistem kekebalan yang lemah?
Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit.Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.
1. Menerapkan Pola Hidup Sehat
2. Perbanyak makan sayur dan buah
3. Cukupi istirahat
4. Hindari stres
5. Rutin berolahraga
6. Hindari rokok dan alkool
7. Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh
,
snjadi beberapa tipe, di antaranya:
1. Sistem imun bawaan: Sistem imun yang terbentuk sejak kita lahir. Merupakan garis pertahanan pertama untuk melawan patogen. Contoh sistem imun bawaan yakni kulit dan selaput lendir pada tenggorokan dan usus.
2. Sistem imun adaptif: Sistem imun ini terbentuk setelah Anda mendapatkan vaksinasi atau saat tubuh terancam penyakit. Sistem imun adaptif membangun berbagai antibodi yang mampu membedakan berbagai jenis patogen

Sistem kekebalan manusia adalah sistem pertahanan yang dibentuk untuk mencegah manusia terkena penyakit. Sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan antibodi, sel darah putih, dan berbagai zat yang dapat menghancurkan zat-zat asing seperti bakteri dan virus. Tidak hanya itu, sistem kekebalan juga terdiri atas:

1. Tonsil (amandel) dan timus
yang berfungsi untuk membuat antibodi di dalam tubuh.
2. Kelenjar getah bening
yang bertanggung jawab atas sirkulasi cairan limfa yang terdiri dari sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi.
3. Sumsum tulang,
merupakan jaringan lunak yang terdapat pada tulang-tulang panjang, seperti lengan, kaki, tulang belakang, dan tulang panggul. Jaringan ini berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, trombosit, sumsum kuning, dan beberapa jenis sel darah putih.
4. Limpa,
yaitu organ yang ada di dalam tubuh yang bertugas untuk menyaring dan menghancurkan sel-sel darah merah dan trombosit yang sudah tua ataupun rusak, serta membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan berbagai zat asing yang dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.
5. Sel darah putih,
Yaitu sel darah yang dibentuk pada jaringan tulang lunak yang memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh dari infeksi.
6. Antibodi bayi yang baru lahir berasal dari ibunya
Setelah lahir, bayi harus mendapatkan ASI eksklusif dari sang ibu, karena ASI mengandung antibodi yang e lengkap yaitu,Immunoglobulin A Immunoglobulin D,immunoglobulin E, immunoglobulin G, immunoglobulin M
Fungsi Sistem Imun dalam Tubuh
1. Proteksi tubuh dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh patogen, termasuk jenis penyakit menular.
2. Menjaga keseimbangan homeostatis yang berfungsi memenuhi kebutuhan tubuh melalui interaksi seluruh sistem yang terdapat didalamnya.
3. Mendeteksi jaringan sel abnormal dan mengeliminasinya dari tubuh.
4. Menyingkirkan jaringan sel yang rusak atau mati.
5. Mampu menghancurkan sel kanker atau zat asing lain yang ingin menginvasi tubuh.

IMUMNITAS TUBUH
Sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh. Sitem imun berperan dalam mengenal, menghancurkan benda-benda asing atau sel abnormal yang merugikan tubuh.Sistem imun tidak memiliki tempat khusus dalam tubuh manusia dan tidak dikontrol oleh organ pusat, seperti otak.Sel-sel tertentu berperan sebagai pasukan pertahanan untuk memerangi benda asing yang masuk tubuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada tubuh.Sistem imun adalah kelompok pertahanan yang ditemukan pada manusia untuk membantu mengusir organisme penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh.
Pada pertahanan tubuh dibagi menjadi dua tipe, yakni:
1. Pertahanan tubuh bawaan (non spesifik) :pertahanan tubuh bawaan merupakan garis utama tubuh yang pertama melawan semua agen asing yang masuk ke dalam tubuh.Alat yang menghalangi dalam imunitas bawaan, seperti kulit, air mata, mukus (cairan lengket dan tebal yang disekresikan oleh membran dan kelenjar mukosa), dan air ludah.Mereka berfungsi untuk mencegah laku peradangan setelah terjadi luka atau infeksi.
Garis pertahanan bagian eskternal
a. Kulit
b. membran mukosa
c. Zat kimia antimikroba
d. Fatagosit
e. Reaksi inflamasi

2. Pertahanan tubuh adaptif (spesifikn :pada pertahanan adaptif terjadi jika garis pertama tubuh mendapat serbuan. Maka sel, molekul dan organ dari sistem imunitas menghasilkan suatu pertahanan yang spesifik untuk melawan agen yang menyerang.Sehingga sistem pertahanan tersebut akan bekerja untuk melawan bila agen asing menyerang tubuh.

Apa Tanda-tanda Sistem Kekebalan Tubuh Melemah?
1. Warna Urine Tidak Jernih
2. Bobot Mudah Bertambah
3. Mudah Jatuh Sakit
4. Stres Berkepanjangan

Imunitas dihasilkan dari produksi antibodi spesifik yang dikhususkan untuk antigen tertentu. Antigen adalah suatu molekul penanda yang terdapat pada permukaan sel yang dapat merangsang produksi antibodi.Pertahanan spesifik dapat mengenal benda asing, karena terdapat kemampuan mengingat kembali antigen tertentu. Itu dapat diaplikasikan pada konsep imunisasi.Imunisasi adalah pemberian perlindungan pada tubuh dari serangan penyakit dengan memberikan vaksin.Vaksin adalah suatu cairan bersisi bakteri atau virus yang telah dilemahkan. Maka dapat menimbulkan kekebalan antibodi.
Kedua sistem tersebut bekerja bersama untuk menghalangi masuknya organisme dan berkembangbiak di dalam tubuh.Mekanisme kekebalan tersebut juga membantu menghilangkan sel-sel abnormal tubuh yang dapat berkembang menjadi kanker.
RobertoNews 1129 《23.11.21(20.52))》
Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait