Masa Depan Aplikasi AI Di Indonesia Menjanjikan dan Penuh Tantangan

  • Whatsapp
Masa depan aplikasi AI di Indonesia menjanjikan dan penuh tantangan

Jakarta, beritalima.com|– Masa depan aplikasi AI (Artificial Intelligence) di Indonesia menjanjikan serta penuh tantangan.

Hal ini diutarakan Dr. Satrio Arismunandar, Sekjen Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena. Satrio menanggapi tema diskusi Masa Depan AI di Indonesia nanti malam (24/10), diadakan Kreator Era AI berkolaborasi dengan Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena dengan pembicara Wisnu Nugroho, Managing Editor InfoKomputer.

Menurut Satrio, tantangan pertama adalah ketersediaan data dan infrastruktur teknologi. Aplikasi AI memerlukan data dalam jumlah besar dan berkualitas, namun masalah terkait akses data dan keamanan masih menjadi kendala di Indonesia.

“Selain itu, infrastruktur komputasi awan (cloud computing) dan internet belum merata di seluruh wilayah,” ujarnya.

Komputasi awan dimaksud Satrio adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan sumber daya komputasi (seperti server, penyimpanan data, aplikasi, dan jaringan) melalui internet, tanpa perlu memiliki atau mengelola infrastruktur fisik secara langsung.

Dengan kata lain, teknologi ini memungkinkan data dan aplikasi disimpan serta dijalankan di server jarak jauh (cloud), bukan di komputer lokal atau server internal perusahaan.

Selain itu, ungkap Satrio, keterbatasan tenaga ahli dalam pengembangan dan penerapan AI menjadi salah satu tantangan besar. Perlu peningkatan literasi teknologi dan pelatihan keterampilan AI bagi masyarakat dan tenaga kerja lokal.

“Ditambah lagi, regulasi yang jelas tentang privasi data, keamanan siber, dan penggunaan AI secara etis masih dalam tahap pengembangan,” papar Satrio.

Hal lain yang disorot Satrio adalah ketimpangan akses teknologi. Daerah-daerah terpencil masih menghadapi tantangan akses teknologi dan internet yang memadai. Hal ini dapat memperlambat pemerataan manfaat AI di seluruh negeri.

Tertarik untuk Ikut diskusinya, bisa gabung nanti malam jam 19.00 di link zoom: https:// s.id/kreator3. Disediakan sertifikat bagi peserta diskusi yang membutuhkan.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait