Masyarakat Antusias Manfaatkan Program Sepe Manise Dinas Dukcapil Kota Kupang

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com — Dalam rangka mendekatakan pelayanan kepada masyarakat, saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar program jemput bola di 10 kelurahan pinggir kota Kupang.

Program ini disambut dengan antusias tinggi oleh masyarakat Kota Kupang yang merasa terbantu dengan hadirnya layanan di kantor kelurahan.

Program jemput bola ini dikenal dengan Sepe Manise (Selalu Peduli Manfaat Adminduk) yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kota Kupang ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan tanpa harus menempuh perjalanan jauh ke kantor Dukcapil.

Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Kupang saat ditemui beritalima.com di Kantor Lurah Penkase Oeleta pada Jumat (9/8/2024) mengatakan, hari ini titik kedua di Kelurahan Penkase Oeleta melakukan pelayanan jemput bola Sepe Manise.

Program ini diarahkan ke sepuluh kelurahan yang ada di pinggiran kota, yang mana jauh dari Dinas Dukcapil.

Oleh karena itu, dengan adanya program Sepe Manise yang artinya pemerintah peduli akan administrasi kependudukan bagi warga masyarakat Kota Kupang.

“Kita punya kerinduan seluruh warga masyarakat kota Kupang ini, mereka sudah memiliki administrasi kependudukan yang jelas”, kata Titus.

Dikatakan Titus, program Sepe Manise ini adalah pelayanan bagi warga yang belum mempunyai KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Pindah Masuk, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian. “Kita juga melayani warga yang sudah menikah, tapi belum melakukan pencatatan sipil”, kata Titus menambahkan.

Pelayanan Sepe Manise ini juga dalam rangka pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Sementara itu, Lurah Penkase Oeleta Pether F. Nenohaefeto mengatakan, program Sepe Manise ini adalah program dari Dinas Dukcapil Kota Kupang terkait dengan pendekatan pelayanan jemput bola untuk beberapa kelurahan di pinggiran termasuk kelurahan Penkase Oeleta ini. Karena jarak antara kelurahan Penkase Oeleta dengan Dinas Dukcapil cukup jauh.

Ia mengatakan, program Sepe Manise ini disambut dengan antusias oleh warga Kelurahan Penkase Oeleta. “Kita Penkase Oeleta ini kawasan pemukiman baru. Yang mana banyak warga yang sudah tinggal menetap satu tahun lebih, tapi administrasi kependudukan masih di tempat yang lama. Kemudian beberapa perubahan seperti status-status pekerjaan dan urusan bansos itu juga bisa ada perbaikan di sini seperti KTP, Akte Kelahiran, dan Akte Kematian”, kata Pether.

Abdul Wahab Ibrahim, warga RT.35/RW Kelurahan Penkase Oeleta, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Disdukcapil yang menggelar jemput bola program Sepe Manise di kelurahan.

Ia datang di kelurahan untuk mengurus perubahan data lama ke data baru yang dilayani oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang. “Jadi pelayanan ini sangat membantu masyarakat untuk menghindari di kantor Disdukcapil. Kami di Penkase Oeleta jaraknya cukup jauh sehingga membutuhkan biaya”, ujarnya.

Pantauan beritalima com di Kantor Lurah Penkase Oeleta sekira pukul 08.00 WITA, warga sudah menunggu antrian untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, baik yang mengurus KTP, Kartu Keluarga maupun perubahan data.

Berikut jadwal jemput bola program Sepe Manise di 10 Kelurahan Kota Kupang, yaitu Kantor Lurah Alak 7 Agustus, Kantor Lurah Penkase Oeleta 9 Agustus, Kantor Lurah Manulai II 15 Agustus, Kantor Lurah Naioni 16 Agustus, Kantor Lurah Fatukoa 20 Agustus, Kantor Manutapen 22 Agustus, Kantor Lurah Kolhua 24 Agustus, Kantor Lurah Penfui 28 Agustus, Kantor Lurah Naimata 28 Agustus, dan Kantor Lurah Belo 30 Agustus. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait