Meditasi Mengatasi Stress & Penyakit

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Di edisi senen lalu kita membahas soal Yoga dan kali ini kita cerita tentang manfaat Meditasi terhadap kesehatan kita. Cerita soal meditasi saat ini lagi trend seperti Pak Iwan yang sudah lama mengindap darah tinggi,setiap pagi dia lakukan meditasi sendirian di kamat tanpa diganggu orang lain,yang dilajukan hampir 4 jam/ hari,penyakit darah tinggi normal tanpa minum obat lagi,begitu juga seorang temanku bernama Bu Yessy yang keluhan susah tidur dan harus dibantu minum obat tidur karena sulit tidur & dianjur oleh Pelatih Yoga suruh tiap hari bermeditasi akhirnya bisa tidur nyenyak, temannya Pak Syariffuddin karena sakit darah tinggi dan pernah stroke dia rajin lakukan meditasi ke Trawas dengan latihan sem8nggu 4x.lain dengan remaja Teddy 24 karena kecanduan narkoba, terapinya tiap hari suruh meditasi dan dalam ritual agama budha hal yang sama diBali bebe rapa dokter merawat orang dengan metode Meditasi.

Meditasi adalah salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga Anda bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Praktik ini umumnya dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur, setidaknya selama 10–20 menit.SIapapun ,di manapun diaberada tanpa menggunakan alat khusus meditasi bisa dilakukan oleh siqpapun,kalau dilakukan teratur dan bersinabungan sangat bermanfaat untuk kesehatan

APA ITU MEDITASI ?
Meditasi adalah teknik relaksasi yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres ataupun kecemasan dalam diri Anda. Latihan ini pada dasarnya memang ditujukan untuk membantu memperoleh ketenangan batin dan pikiran.Dengan perkataan lain Meditasi adalah sebuah teknik yang menggunakan pikiran dan kesadaran mendalam untuk berkonsentrasi Secara umum, latihan ini dilakukan dalam posisi duduk dengan mata tertutup dan biasanya secara individual.

Padatnya aktivitas dan rutinitas sehari-hari tentu dapat memicu stres pada kebanyakan orang. Kondisi tersebut tidak dapat disepelekan, karena kadar stres yang tinggi dapat memengaruhi kesehatan mental dan produktivitas. Maka dari itu, penting untuk selalu mengelola stres melalui beberapa aktivitas positif. Salah satu aktivitas positif yang dapat kamu pertimbangkan adalah meditasi. Aktivitas ini adalah teknik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan.

MEKANISME KERJA
Bila tubuh sedang Stress,tubuh akan melepaskan hormon stres yang bisa menyebabkan berbagai efek pada tubuh, seperti meningkatnya detak jantung dan tekanan darah meningkat, menimbulkan rasa cemas dan susah tidur, serta memengaruhi libido dan nafsu makan.Setelah stres terkendali, kondisi tubuh akan kembali normal seperti biasa. Namun, sebagian orang mungkin ada yang merasa sulit untuk mengontrol stres.

Untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres dengan baik, Anda bisa mencoba beberapa cara, termasuk meditasi. Saat bermeditasi, Anda akan dilatih untuk mengesampingkan berbagai pikiran negatif yang memicu datangnya stres, memotivasi diri, dan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman.

Di samping itu, meditasi juga memiliki cara kerja yang efektif dalam mengaktifkan gelombang gamma di otak, yang berperan penting dalam proses belajar, konsentrasi, ingatan, dan kesadaran

MANFAAT MEDITASI BAGI KESEHATAN
1. Insomnia
2. Penyakit kronis
3. Penyakit Parkinson
4. Mengurangi stres
5. Mengurangi rasa nyeri
6. Meningkatkan fokus
7. Mengurangi agresi
8. Meningkatkan Kreativitas
9. Mengelola suasana hati
10. Menumbuhkan empati
11. Meningkatkan kualitas tidur
12. Mengatur emosi lebih baik
13. Memperkuat daya tahan tubuh
14. Demensia dan penyakit Alzheimer
15. Depresi dan gangguan kecemasan
16. Menjadi Lebih Sabar dan Pemaaf
17. Meningkatkan kemampuan beradaptasi
18. Mempererat koneksi dengan orang lain
19. Penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi
20. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
18. Meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan mencegah pikun

PENYAKIT YANG BISA DIBANTU MEDITASI
1. Penyakit kronis
2. Penyakit Parkinson
3. Depresi dan gangguan kecemasan
4. Penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi
5. Demensia dan penyakit Alzheimer
6. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Meditasi juga bisa bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu
1. Mengatasi masalah adiksi atau kecanduan, seperti kecanduan nikotin, obat-obatan, atau minuman keras
2. Kondisi medis tertentu, seperti irritable bowel syndrome dan gangguan tidur.

Ada banyak jenis dan teknik relaksasi dalam meditasi, seperti yoga, meditasi transedental, Tai chi, dan Qi gong. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mencapai kedamaian dan ketenangan diri.

Secara umum, ada 2 teknik meditasi yang paling dikenal, yaitu:
1. Meditasi fokus atau konsentrasi, yakni meditasi yang dilakukan dengan cara memusatkan perhatian atau konsentrasi pada suatu objek tertentu, seperti suara atau sensasi untuk mencapai ketenangan batin

2. Meditasi mindfulness, yaitu teknik meditasi yang menggabungkan latihan konsentrasi dengan kesadaran atau perasaan mawas diri terhadap kondisi tubuh dan lingkungan sekitar

JENIS JENIS MEDITASI
1. Meditasi Kesadaran
2. Meditasi Spiritual
3. Meditasi Terfokus
4. Meditasi Gerakan
5. Meditasi Mantra
6. Meditasi Pemindaian Tubuh
7. Meditasi Cinta Kasih
8. Meditasi Visualisasi

TEHNIK MEDITASI DIBAGI ATAS ;
1. Memfokuskan pikiran
2. Bernapas secara perlahan
3. Melakukan di tempat tenang
4. Memosisikan tubuh dengan nyaman

CARA MEDITASI
1. Duduk dengan tegap lalu tarik napas dalam secara perlahan-lahan berulang kali.
2. Fokuskan perhatian pada tarikan napas dan perasaan Anda.
3. Fokuskan pikiran pada berbagai bagian tubuh secara bergantian, sambil terus menarik napas perlahan. Sadari apa yang Anda rasakan di bagian-bagian tubuh tersebut. Anda juga bisa menyelingi sesi meditasi untuk berdoa, bersyukur, atau positive self-talk.

Saat meditasi, pastikan bahu Anda dalam keadaan rileks. Letakkan tangan di pangkuan, sementara mata terbuka setengah tanpa benar-benar menatap sesuatu. Lalu, fokuskan perhatian pada aliran napas secara mendalam.Secara umum, meditasi dapat membantu konsentrasi, relaksasi, kedamaian batin, pengurangan stres, hingga mengurangi kelelahan atau ketegangan otot. Bahkan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Menariknya lagi, meditasi yang dikombinasikan dengan pengobatan medis konvensional, dikabarkan dapat meningkatkan kesehatan fisik. Salah satunya seperti membantu mengelola gejala untuk kondisi kesehatan tertentu. Contohnya seperti insomnia, penyakit jantung, nyeri, kanker, hingga beberapa masalah pencernaan.
Demikian sekilas info kami sajikan semoga bermanfaat guna, terimakasih
RobertoNews 1810《11.7.24 (13.15)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait