Melatonin Hormon Untuk Tidur???

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Suatu malam pak Ferry tak bisa tidur oleh Dr.Syafii SpJk mengatakan sakit hormon melatonin dan butuh makan vitamin dan olahraga beda dengan pak Amat yang rajin olahraga tidur nyenyak sampai mimpi mimpi segala.jadi apa itu Hormon Melatonin? Mari kita bahas….

Masalah sulit tidur nyenyak sering terjadi akibat ketidakseimbangan hormon melatonin dalam tubuh. Fungsi melatonin adalah sebagai hormon pemicu rasa ngantuk dan menjaga Anda agar tetap terlelap sepanjang malam. Oleh sebab itu, suplemen melatonin sering digunakan sebagai bala bantuan untuk meningkatkan jumlah hormon ngantuk dalam tubuh. Namun, apakah suplemen ini aman untuk dikonsumsi?

Melatonin adalah hormon alami tubuh yang berperan penting dalam mengatur pola tidur. Dengan adanya hormon ini, Anda dapat mengetahui kapan waktu untuk tidur dan terjaga. Hormon melatonin juga dibuat dalam bentuk sintetis untuk mengatasi berbagai gangguan tidur.Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengenai penyebab mengantuk dan harus tidur di malam hari. Salah satu faktor yang berperan dalam proses tersebut adalah hormon melatonin. Sudah pernah mendengarnya?untuk mengetahui lebih jauh mengenai hormon melatonin dan perannya bagi tubuh. Ketahui pula tentang suplemen melatonin yang bisa membantu mengatasi kesulitan tidur.

APA ITU MELATONIN
Melatonin adalah hormon alami di tubuh yang berperan dalam proses tidur. Atas perannya dalam tidur tersebut, hormon melatonin sering disebut sebagai hormon tidur.

Melatonin diproduksi di kelenjar pineal di otak. Walau begitu, hormon ini juga ditemukan di area mata, sumsum tulang, dan usus.Selain berkaitan dengan tidur, melatonin juga memiliki efek antioksidan. Dengan efek tersebut, melatonin yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen memiliki potensi manfaat kesehatan.
Otak memproduksi hormon melatonin sebagai respons terhadap kegelapan. Keberadaan hormon ini dapat membantu Anda mempertahankan ritme sirkadian dan kualitas tidur.Jika terpapar cahaya, produksi melatonin akan terhambat. Oleh
Manfaat suplemen melatonin untuk
1. Jet lag
2. Gangguan siklus tidur yang tertunda
3. Insomnia
4. Gangguan tidur pada anak-anak

APA EFEK SAMPING MELATONIN
1. Dilarang ngemudi
2. Dilarang Mengoperasikan mesin berat.
3. Perdarahan.
4. Depresi.
5. Peningkatan gula darah.
itu, untuk meningkatkan jumlahnya dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi suplemen melatonin.Berikut adalah beberapa masalah tidur yang bisa Anda atasi saat mengonsumsi suplemen ini:

MEKANISME KERJA
Belum jelas mekanisme yang pasti mengenai cara kerja melatonin dalam membantu kita tertidur. Walau begitu, pakar mengungkapkan bahwa peran melatonin ini melibatkan ritme sirkadian tubuh atau ritme pengingat internal tubuh.Dengan adanya ritme sirkadian, tubuh menyadari rutinitas waktu untuk tidur, terbangun, dan makan.
Otak memproduksi hormon melatonin sebagai respons terhadap kegelapan. Keberadaan hormon ini dapat membantu Anda mempertahankan ritme sirkadian dan kualitas tidur.Jika terpapar cahaya, produksi melatonin akan terhambat. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan jumlahnya dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi suplemen melatonin.Berikut adalah beberapa masalah tidur yang bisa Anda atasi saat mengonsumsi suplemen ini:Saat hari mulai gelap, kadar melatonin akan mulai meningkat. Melatonin kemudian menyampaikan pesan ke tubuh untuk segera tidur. Oleh sebab itulah Anda merasa mengantuk di malam hari.

Selain itu, melatonin juga berperan untuk berbagai bagian tubuh dan membantu Anda untuk rileks. Beberapa contoh aktivitas melatonin ini, yaitu:
1. Terikat pada reseptor di otak dan mengurangi aktivitas saraf
2. Menurunkan kadar hormon dopamin pada mata. Hormon ini membuat Anda terjaga.
Produksi melatonin bisa menurun karena paparan cahaya. Terkena cahaya menjadi salah satu cara tubuh tahu untuk segera terjaga. Dengan demikian, paparan cahaya yang terlalu tinggi (termasuk dari gadget) di malam hari dapat menurunkan kadar melatonin.

FAKTOR PENGARUH MELATONIN
1. Stres
2. Merokok
3. Kurang mendapatkan cahaya mentari di siang hari
4. Pertambahan usia
5. Pekerjaan bergilir (shift work)

Berbagai studi telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen dapat dilakukan, untuk mengatasi masalah kekurangan melatonin, serta membantu orang yang mengalami masalah tidur, termasuk insomnia.Menurut ahli, melatonin dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk bisa tertidur, dengan rata-rata pengurangan selama 7 menit.

Melatonin juga dapat membantu orang yang mengalami jet lag. Jet lag terjadi karena jam tubuh seseorang tidak sinkron, setelah memasuki zona waktu baru. Untuk mengatasinya, mengonsumsi suplemen melatonin dapat membantu tubuh beradaptasi dengan zona waktu tersebut.

MANFAAT MELATONIN
1. Menjaga kesehatan mata
2. Membantu menangani tukak lambung dan heartburn
3. Mengurangi gejala tinnitus
4. Meningkatkan kadar hormon pertumbuhan pada pria
Perlu diketahui juga, suplemen melatonin memiliki interaksi obat dengan berbagai obat-obatan. Misalnya, obat pengencer darah, obat pengendali tekanan darah, dan obat antidepresan.

MAKANAN YANG MENGANDUNG MELATONIN
1. Telur
2. Susu
3. Ikan
4. Goji berry
5. Kacang-kacangan
Demimian peran melatonin untuk kehidupan kita semoga bermanfaat ,
RobertoNews1244《19.5.22(08.45》

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait