Memaknai Perjuangan A.Azis dan Peter A.Rohi di Hari Pahlawan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Memperingati Hari Pahlawan 10 November, para mahasiswa Stikosa AWS melakukan ziarah di makam tokoh pers A.Azis dan Peter A.Rohi, Rabu (11/11/2020). Bagi mereka, keduanya sangat berjasa, baik dalam sejarah pers maupun AWS.

Bagi para mahasiswa dari kampus produsen jurnalis di Indonesia itu, A.Aziz bukan hanya tokoh pers nasional, tapi juga pendiri Harian Surabaya Post yang pertama kali terbit 1953 sekaligus pendiri AWS (Akademi Wartawan Surabaya) pada tanggal 11 November 1964 yang kini menjadi Stikosa AWS.

Hari ini, Rabu (11/11/2020) sudah 56 tahun Stikosa AWS berdiri. Para mahasiswa bersama para alumni pun mengenang perjuangan dan pengorbanan A.Aziz dengan berziarah ke makamnya di TPU Ngagel, Jalan Bung Tomo, Surabaya, pukul 12.00 WIB.

Sekjen IKA Stikosa AWS, Muchammad Afrizal Akbar, mengatakan, kegiatan ziarah ini sebagai bentuk napak tilas sejarah bagi para mahasiswa. “A.Aziz merupakan sosok pahlawan di dunia pers. Beliau banyak berjasa untuk pers nasional, terutama bagi kampus AWS yang kini sudah 56 tahun,” jelasnya.

Sebagai bentuk napak tilas, para mahasiswa baru pun turut dilibatkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Menurutnya, kegiatan yang pertama kali dilakukan pada momen Dies Natalis Stikosa AWS ini juga diyakini akan menjadi pelajaran berharga atas pentingnya esensi sejarah bagi para mahasiswa, khususnya ilmu komunikasi.

“Sebagai kampus komunikasi dengan spesialisasi di bidang jurnalistik, perayaan Dies Natalis yang dilakukan para mahasiswa dan alumni Stikosa AWS dengan ziarah ke makam A.Aziz dan Peter A.Rohi bisa menjadi budaya yang harus terus dilakukan,” ujarnya.

Walau di masa pandemi Covid-19, ia menegaskan pelaksanaan kegiatan tetap terlaksana secara offline dengan penerapan protokol kesehatan. “Selama kegiatan ini memberikan manfaat dan pelajaran dalam merefleksikan sejarah bagi mahasiswa, kami dari IKA Stikosa AWS akan memberikan dukungan penuh,” tegasnya.

Perwakilan Achmad Prayogo, Mahasiswa Stikosa AWS yang juga koordinator kegiatan mengatakan, usai ziarah di makam A.Aziz, para mahasiswa juga menggelar serangkaian kegiatan. Di antaranya pengenalan kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Stikosa AWS di Warung Mbah Cokro di Jalan Prapen, Surabaya.

Selain itu akan berlanjut pada 14 November 2020 mendatang dengan kembali ziarah di makam tokoh pers lainnya, Peter A.Rohi, di TPU Keputih, Surabaya, pukul 12.00 WIB. Setelah ziarah nanti akan diteruskan dengan diskusi dan peluncuran Buku “Jurnalis Pejuang, Pejuang Jurnalis” di Warung Mbah Cokro pada malam harinya.

Buku tersebut berisi tentang perjalanan Peter A.Rohi sebagai jurnalis sejati di mata rekan dan para muridnya yang tersebar di Indonesia. Dan acara bertajuk Tribute to Peter A.Rohi itu akan digelar bersama beberapa komunitas di Indonesia, di antaranya GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) dan Komunitas Cokro Bergerak. Tujuannya tak lain untuk mengenang dan mengaktualisasikan kembali jejak pemikiran dan perjuangan beliau.

Perlu diketahui, Almarhum Peter A.Rohi juga menjadi salah satu tokoh pers nasional dari kampus AWS yang meninggal dunia di tengah Pandemi Covid-19, tanggal 10 Juni 2020 lalu. Ia juga dikenal sebagai penemu jejak kelahiran Presiden Soekarno yang lahir di Jalan Pandean IV/40 Surabaya. (Ganefo)

Teks Foto: Para Mahasiswa Stikosa AWS saat ziarah di Makam Tokoh Pers Nasional A.Azis, Rabu (11/11/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait