Menarik, Perang Pantun Pada Manasik Haji Ketujuh Kemenag Jatim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Telah berlangsung, Manasik Haji oleh Kemenag Jatim dibawah kepemimpinan Dr. H. Husnul Maram, tepatnya pada Kamis, 14 September 2023 di Hotel Setia Budi Madiun. Hadir sebagai narasumber adalah anggota Komisi VIII DPR RI M. Ali Ridho, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo, Dr. H. Moh. Nurul Huda, M.Pd.

Ali Ridha yang merupakan politisi dari Fraksi Partai Golongan Karya tersebut menjelaskan pentingnya doa dan bersyukur bagi jamaah haji.

“Bagi jamaah haji, marilah tetap menguatkan doa agar segera dipanggil Allah SWT menuju tanah suci. Juga marilah bersyukur karena termasuk jamaah haji, karena tidak semua orang memiliki kesempatan sebagai jamaah haji masa tunggu.”

Legislator yang akan maju dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VII tersebut juga menjelaskan perbedaan BPIH dan BIPIH.

“Ada dua biaya haji, BPIH dan BIPIH. BPIH adalah biaya total yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk berhaji, sedangkan BIPIH adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh calon jamaah haji. Biaya todal yang seharusnya dikeluarkan jamaah haji, selalu jauh lebih sedikit dengan yang kemudian dikeluarkan jamaah haji, karena adanya nilai manfaat yang menjadi pengurang biaya haji”.

“Nilai manfaat ini-lah yang dikelola oleh BPKH, Badan Pengelola Keuangan Haji. Pengelolaan keuangan ini tentu dibawah pengawasan Komisi VIII DPR RI. Dana yang dikelola ini, salah satu sumbernya adalah tabungan haji para jamaah yang masuk daftar tunggu.”

Sedangkan Kakankemenag Kabupaten Ponorogo Dr. H. Nurul Huda, menyampaikan meningkatnya biaya haji.

“BIPIH saat musim haji 2023, ialah sejumlah 55,9 juta. Sedangkan subsidi nilai manfaat sejumlah 40,2 juta. Sedangkan BPIH total sejumlah 90 juta sekian. Total biaya haji ini, selalu meningkat, disebabkan meningkatnya biaya masyair maupun lain-lain yang ditentukan oleh kerajaan Arab Saudi, seperti tiket pesawat.”

Selain terkait biaya haji, Nurul Huda pun menyampaikan masa tunggu jamaah haji.

“Saat ini, jumlah jamaah haji daftar tunggu 5.163.878. dari jumlah itu, jumlah jamaah lansia waiting list 576.166 orang. Sedangkan jamaah haji kuota normal, yaitu 221.000. Maka, masa tunggu jamaah haji normal se nasional, yaitu 26 tahun. Namun tentunya, karena jumlah pendaftar jamaah haji semakin meningkat setiap waktu, maka masa tunggu akan semakin meningkat.”

“Karena jumlah jamaah haji lansia semakin meningkat, maka marilah jamaah haji tetap menjaga kesehatan dan stamina, sehingga memiliki kecukupan istita’ah, terutama dalam kelayakan fisik untuk mengikuti semua proses ibadah haji. Dan untuk menjaga komitmen jamaah haji ramah lansia, maka Kemenag pun menempatkan petugas haji yang total melayani, yaitu tidak mengikuti prosesi jamaah haji selama di Armuzna, yaitu Arafah, Muzdalifah, dan Mina.”

Pada acara yang dihadiri H. Ahmad Alauddin, MM., dan Hj. Fentin Istifaiyah serta dimoderatori Sekretaris MUI Jatim, ning Lia istifhama tersebut, berlangsung meriah dengan nuansa perang pantun, diantaranya sebagai berikut:

Di Ponorogo, ketemu konglomerat yang dermawan
Ditraktir sate sampai isi rombong habis bersih
Berjumpa kita dengan sosok pemimpin senyumnya menawan
Siapa lagi jika bukan Habib Ali Ridho yang penuh inspirasi

Biar tidak susah, rajinlah ibadah
Biar tidak sengsara, rajinlah bekerja
Siapalah yang tidak kenal bapak Nurul Huda
Senyumnya tanpa editan, asli bercahaya

Ke Ponorogo jangan lupa beli sate Tukri Adenan
Sedap rasanya membuat hati terkesan
Senengnya berjumpa Habib Ali Ridha dan bapak Nurul Huda yang menawan
Apalagi pulangnya dapat angpau plus hadiah nampan

Di hari Kamis janganlah gundah
Tetaplah bahagia mencari keberkahan
Selamat ulang tahun bapak Kakankemenag Nurul Huda
Semoga senantiasa hadir memberikan kami pencerahan

Pergi haji ke tanah suci
Tanah suci ada di Arab Saudi.
Hari ini kita bisa bersilaturrohmi,
mudah mudahan Allah meridhoi.

Ikut manasik haji mendengar petuah ulama
Bertambah wawasan hati pun bahagia
berjumpa Habib Ali Ridha semuanya pun terkesima
Sosok rupawan gagah mirip artis india

Wulan merindu lagunya Cici Paramida
kalau perjuangan dan doa lagunya Rhoma Irama
Mumpung berjumpa habib Ali Ridha dan bapak nurul Huda
Mohon siapkan hape njenengan untuk foto bersama

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait