Menhub Setujui Usulan Irrene Roba Kapal Pelni Singgahi Jailolo

  • Whatsapp

JAILOLO,beritaLima.com|| – Budi Karya Sumadi yang menjabat Menteri Perhubungan RI, melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut, menyetujui kapal Pelni KM Dorolonda menyinggahi Pelabuhan Jailolo.

Ini menjadi suatu kabar gembira untuk masyarakat Jailolo, kabupaten Halmahera Barat. Pasalnya, Kapal KM.Dorolonda akan siap masuk ke pelabuhan Jailolo pada 27 September 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Rosihan Gamtjim, Kepala Kantor Unit Pelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III. Dirinya mengaku, ini berkat perjuangkan Irrene Yusiana Roba Putri pada rapat dengar pendapat Komisi V DPR-RI dengan Kementerian Perhubungan

” KM Dorolonda yang terakhir diperjuangkan oleh ibu Irene Yusiana Roba Putri (Anggota Komisi V DPR-RI) dan disetujui oleh Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut. Setelah evaluasi dari Kementrian Perhubungan dan PT. PELNI pusat, dan hasilnya KM Dorolonda siap masuk Pelabuhan Jailolo pada 27 September 2024,” sebut Rosihan.

Rosihan kemudian bersama pihak PT. PELNI cabang Ternate menggelar gladi emberkasi dan debarkasi KM. Dorolonda di titik labuh/lego jangkar kolam depan Dermaga Jailolo, Senin (16/09/2024). Hal Ini karena KM Dorolonda belum bisa sandar di pelabuhan, sehingga harus berlabuh di depan dermaga.

“ Belum bisa sandar, jadi harus lego jangkar,” kata Rosihan.

Jadwal KM Dorolonda kata Rosihan, gladi yang dilakukan ini ada empat tahapan yang akan dilaksanakan petugas gabungan mulai dari KUPP Jailolo, Dishub, Pelni bersama anggota speed boat dan dikawal oleh Danpos KP3 Jailolo.

Dijelaskan lebih lanjut, gladi ini menggunakan 4 buah speed boat sebagai feeder, 1buah kapal kayu sebagai penyangga untuk para penumpang naik dan turun dari KM Dorolonda dan dalam Simulasi dibantu kapal MV Miko Natalia 88 berperan sebagai kapal KM Dorolonda yang sedang Labuh di Kolam Pelabuhan Jailolo serta dikawal ketat dengan speed boat patroli dari KPLP maupun Polisi.

Ia menyebutkan, 4 tahapan tersebut, pertama, para calon penumpang dapat memperoleh tiket speed boat feeder pada loket speed boat di ruang tunggu dan menunggu giliran naik keatas kapal KM Dorolonda pada ruang tunggu terminal Pelabuhan Jailolo, setelah mendapat giliran. Calon penumpang diarahkan menuju dermaga speed boat, secara bergiliran naik untuk diangkut menuju titik labuh kapal dengan waktu tempuh 5-8 menit.

Pelayanan emberkasi/deberkasi kapal KM Dorolonda di titik labuh kolam pelabuhan jailolo melalui speed boat dan akan dikenakan tarif Rp 20.000/penumpang sesuai dengan SK Bupati Halmahera Barat Nomor: 206/KTPS/IIX/2024 dan tarif tersebut sudah termasuk biaya asuransi kecelakaan.

Kedua, speed boat yang sudah dimuat penumpang dengan kapasitas yang sudah disesuaikan bergerak dari dermaga speed boat pelabuhan jailolo menuju titik labuh kapal dengan jarak 0,8 NM dan menempuh waktu 5 – 10 menit.

Setelah mentransfer penumpang naik, speed boat dapat mengangkut penumpang/barang yang turun dari kapal. Proses transfer penumpang dilakukan melalui kapal kayu sebagai kapal penghubung menuju sisi tambung kapal KM Dorolonda dimana tangga kapal diturunkan.

Ketiga, speed boat yang telah terisi penumpang/barang turun meninggalkan kapal penghubung menuju dermaga speed boat pelabuhan Jailolo. Penumpang/barang turun dapat menuju di areal ruang tunggu/areal penjemputan. Speed Boat Feeder secara bergiliran mengalami siklus hingga seluruh penumpang dan barang dapat terangkut diatas kapal.

Keempat, setelah seluruh penumpang/barang terangkut diatas kapal. Kapal kayu penghubung bergerak keluar dari sisi lambung kapal KM. Dorolonda. Kapal Dorolonda dapat melanjutkan ke proses keberangkatan kapal dan melakukan olah gerak keluar pelabuhan jailolo.

Terakhir, kapal KM Dorolonda rencana akan menyinggahi pelabuhan Jailolo, perdana pada tanggal 27 September 2024 pada pukul 08.00WIT dengan mekanisme Lego Jangkar dan proses Embarkasi/Debarkasi penumpang menggunakan mekanisme Rede transport menggunakan sarana kapal Pelra (Kapal Kayu dan Speed Boat).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait